Wajib Tahu! Seperti Ini Aturan Bagasi Kereta Shinkansen di Jepang

Sebagai salah satu pilihan transportasi andalan di Jepang, shinkansen tentunya digunakan oleh sebagian besar masyarakat di Jepang, baik itu merupakan warga asli Jepang sendiri ataupun oleh wisatawan asing yang datang ke Jepang.

Nah, sebelum menaiki shinkansen, penting bagi para wisatawan asing untuk mengetahui lebih dulu aturan bagasinya, mengingat shinkansen memiliki peraturan yang ketat mengenai ukuran bagasi dan penyimpanannya.

Berikut ini Japantrips beri rincian aturan bagasi di kereta shinkansen Jepang.

Kereta Shinkansen dengan Aturan Bagasi yang Ketat

Tidak semua shinkansen menerapkan aturan bagasi yang ketat. Diketahui, hanya ada tiga shinkansen yang menerapkan aturan tersebut. Sayangnya, ketiga shinkansen itu merupakan shinkansen yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Bahkan ada yang beroperasi di pusat kesibukan kota Tokyo.

Tiga shinkansen tersebut, antara lain adalah:

  • Tokaido Shinkansen (Tokyo-Osaka)
  • Sanyo Shinkansen (Osaka-Fukuoka)
  • Kyushu Shinkansen (Fukuoka-Kagoshima)

Ketentuan Ukuran Bagasi Kereta Shinkansen

Berikut ini adalah aturan ukuran bagasi yang diterapkan di Tokaido, Sanyo, dan Kyushu Shinkansen:

Secara singkat, koper yang diperbolehkan dibawa ke dalam shinkansen adalah koper dengan ukuran di bawah 160 cm hingga 250 cm, sementara koper berukuran di atas 250 cm tidak diperbolehkan untuk dibawa ke dalam shinkansen.

Khusus untuk koper ukuran 160-250 cm diperlukan reservasi tempat duduk terlebih dulu. Apabila tidak, maka pemilik koper harus membayar ¥1000 (sekitar Rp102.050).

Sebelum menaiki shinkansen, umumnya stasiun menyiapkan tempat khusus untuk mengukur ukuran koper seperti berikut ini:

Pemilik koper harus menambahkan lebar, tinggi, dan volume koper untuk mendapatkan dimensi keseluruhan dari koper yang dibawa.

Bagasi di Kereta Shinkansen

Perlu diketahui bahwa hanya jenis kursi tertentu yang dilengkapi dengan penyimpanan bagasi tambahan. Kursi tersebut adalah kursi di barisan belakang gerbong shinkansen dengan tempat penyimpanan bagasi tambahan berada tepat di belakang baris terakhir.

Untuk mendapatkan kursi di bagian belakang ini, perlu dilakukan reservasi terlebih dahulu sebelum naik kereta. Khusus untuk wisatawan asing dapat menggunakan JR Pass agar tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

Reservasi Bagasi

Per bulan Mei 2023 lalu, reservasi bagasi dapat dilakukan untuk Tokaido Shinkansen dan Sanyo Shinkansen. Namun, perlu diketahui juga bahwa hanya gerbong tertentu di kereta Nozomi, Hikari, dan Kodama yang menyediakan layanan reservasi bagasi ini.

Untuk mempermudah perjalananmu di Jepang, kamu bisa menggunakan JR Pass yang bisa dibeli di berbagai agen travel terpercaya, salah satunya adalah di Japantrips. Kamu cukup klik link di sini, pilih JR Pass yang kamu butuhkan, dan segera lakukan pembelian.

Setelah itu, kamu bisa duduk santai dan biarkan Japantrips memenuhi kebutuhan perlengkapan liburanmu di Jepang.