Rekomendasi Transport Lokal di Osaka

Photo By: Vedianews

Apakah kamu memiliki rencana liburan di Osaka, Jepang? Kamu mungkin bingung untuk memilih transportasi apa yang akan digunakan pada saat menghabiskan waktu di sana. Tenang, pada artikel kali ini Japantrips akan memberikan rekomendasi transportasi yang dapat kamu gunakan jika kamu ingin menjelajahi Osaka, Jepang.
 

1. Kereta Bawah Tanah (Subway)


Photo By: Japan Times

Terdapat dua jalur utama kereta bawah tanah (Jalur Midosuji dan Jalur Chuo) yang dapat menjelajahi sebagian besar kota Osaka.  Pada Jalur Midosuji menghubungkan pusat kota utama seperi Shin-Osaka, Umeda, Honmachi, Shinsaibashi, Namba, dan Tennoji. Sementara itu, Jalur Chuo (timur-barat) menghubungkas Kawasan Kastil dan Teluk Osaka, kemudian bertemu dengan Jalur Midosuji di Stasiun Honmachi.

Untuk Tarif tiket kereta bawah tanah bervariasi mulai dari ¥180 - ¥370 pada kategori Dewasa. Sementara untuk anak usia 6-11 tahun mulai dari ¥90 - ¥190. Jangan lupa untuk membeli tiket terlebih dahulu sebelum memasuki Subway. Tiket yang kamu beli akan berlaku untuk semua jalur kereta bawah tanah, sehingga tidak perlu lagi membeli tiket terpisah.
 

2. Bis Lokal

Photo By: Wikimedia

Walaupun sebagian besar wisatawan di Osaka lebih memilih untuk menggunakan kereta bawah tanah dan kereta api untuk berkeliling di kota ini. Bis Lokal merupakan salah satu pilihan transportasi yang mudah untuk digunakan. Kamu dapat naik dari halte yang tersedia dengan jadwal dan tujuan yang telah terpasang di halte tersebut.

Sebagian besar bis lokal di pusat Osaka mengenakan biaya sebesar ¥210 (Dewasa) dan ¥110 (Anak). Pada saat naik, kamu harus masuk lewati pintu belakang dan mengambil tiket di sebelah pintu. Jika memiliki kartu IC, kamu hanya perlu menempelkannya ke pembaca kartu. Pada saat sudah dekat dengan pemberhentian, pastikan kamu menekan tombol pemberhentian dan sudah menukar uang pas di mesin pengganti yang tersedia.
 

3. Taxi

Photo By: Welcome Pickups

Transportasi ini merupakan pilihan yang cocok jika kamu membawa banyak barang bawaan atau bepergian bersama anak kecil yang kurang nyaman dengan transportasi umum. Taksi banyak yang tersedia di pangkalan Taksi pada luar stasiun kereta atau bis. Namun, kamu juga dapat menghentikan taksi yang tersedia di jalanan.

Untuk biayanya sendiri rata-rata ada di ¥660 untuk 2 km pertama. Setelah itu, tarif naik ¥80 untuk setiap perjalanan sejauh 296 meter. Kenaikkan tarif juga bisa terjadi jika terjebak kemacetan. Untuk jenis dari Taxinya pun berbeda-beda, mulai dari taksi Kogata yang muat sampai 4 orang, hingga Taksi Chugata dan Ogata yang bisa muat hingga 5 orang.
 

4. Lebih Hemat dengan Amazing Osaka Pass

Photo By: Travel Insider

Selain dengan Transportasi Lokal yang dapat kamu pilih, Amazing Osaka Pass merupakan pilihan terbaik jika ingin menjelajahi kota Osaka. Dengan tiket ini kamu akan mendapatkan akses gratis ke berbagai jalur kereta dan bis. Tidak hanya itu, kamu juga diberikan akses gratis ke 52 tempat wisata terkenal di Jepang dengan beberapa persyaratan tertentu (klik di sini). Kamu bisa melihat detail peta yang tercover oleh Amazing Osaka Pass di bawah ini.
 
Photo By: Osp.Osaka

Kamu bisa menikmati seluruh fasilitas yang diberikan oleh Amazing Osaka Pass dengan hanya membayar sebesar Rp.289.000 saja. Harga tersebut akan kamu dapatkan jika kamu membelinya di website japantrips.id atau Tokopedia dengan klik link berikut (di sini). Jangan lupa untuk mendownload aplikasi Osaka Amazing Pass untuk mendapatkan arahan dan kupon.
 

5. Kansai Thru Pass

Photo By: Kansai

Selain Amazing Osaka Pass, kamu bisa membeli Kansai Thru Pass jika ingin menjelajahi Osaka. Dengan Pass ini kamu juga bisa bepergian ke Kyoko. Kanasai Thru Pass merupakan jalur transportasi non-JR yang bisa kamu beli untuk menyusuri berbagai transportasi kereta api, kereta api bawah tanah, dan bis di wilayah Kansai (antara Osaka dan kyoto) dengan bebas. Dengan Pass ini kamu bisa akses hingga 20 transportasi yang berbeda sebagai berikut:
  • Kereta bawah tanah Osaka, Kyoto, dan Kobe
  • Kereta api Hankyu (Kobe-Osaka-Kyoto) 
  • Kereta api Hansi (Kobe-Osaka)
  • Kereta api Keihan (Osaka-Kyoto)
  • Kereta api Kintetsu (Osaka-Kyoto-Nara)
  • Kereta api Nankai (Osaka-Bandara Kansai-Koyatan)
  • Kereta api Sanyo (Kobe-Himeji)
  • Kereta api Keifuku (Kyoto)
  • Kereta api Hidung (Utara Osaka
  • Kereta api Kobe (Utara Kobe) Kereta api Kosoku (Kobe)
  • Monorel Osaka (Osaka Utara, Bandara Itami)
  • Pelabuhan dan Rokko Liner (Kobo)
  • Kereta Gantung (Hiezan, Koyasan)
  • Bis kota Osaka
  • Bis kota Kyoto
  • Bis kota Kobe
  • Bis kota Nankai
  • Bis Kota Hakyu
  • Bis kota Kintetsu
  • Bis kota Wakayama
 
Photo By: Papazho

Terdapat dua kategori Kansai Thru Pass yang dapat kamu pilih (2 hari & 3 hari). Pada kategori 2 hari kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.479.000 (Dewasa) dan Rp.239.000 (Anak). Sedangkan pada katergori 3 hari kamu harus akan dikenakan biaya sebesar Rp.589.000 (Dewasa) dan Rp.299.000 (Anak). Dapatkan Pass ini dengan harga termurah hanya di Tokopedia Japantrips atau klik pada link berikut (di sini).


Penulis: Fatahilah As-syahid Rijwan