Ketentuan penggunaan JAPAN RAIL PASS


1) JAPAN RAIL PASS (selanjutnya disebut “PASS”) hanya berlaku bagi orang yang memenuhi kualifikasi penggunaan seperti warga negara asing yang mengunjungi Jepang dengan status masuk Pengunjung Sementara.

2) Pada saat pembelian dan penukaran PASS, informasi paspor Anda akan didaftarkan ke PASS. PASS hanya berlaku untuk orang yang informasi paspornya terdaftar (selanjutnya disebut “Pengguna”) dan tidak dapat dialihkan ke orang lain. Untuk menerbitkan PASS, Pengguna perlu menukarkannya di loket tiket.

3) PASS dengan periode penggunaan yang tumpang tindih, apa pun jenis PASSnya, tidak dapat dibeli atau ditukar dengan informasi paspor yang sama.

4) Saat menggunakan Pass, Anda dapat melewati gerbang tiket otomatis atau menunjukkannya kepada petugas di gerbang tiket yang dijaga. Di gerbang tiket yang dijaga, petugas akan menempelkan stempel pada Pass Anda. Saat melewati gerbang tiket yang dijaga, selalu tunjukkan Pass Anda kepada petugas agar masa berlakunya terlihat jelas.

5) Saat menggunakan PASS, Anda harus selalu membawa paspor dan bersiap untuk menunjukkannya kepada petugas stasiun atau kondektur mobil bila diminta.

6) PASS dapat digunakan untuk gerbong biasa (ordinary cars) di semua "kereta peluru" Shinkansen Japan Railways (JR Line) (tidak termasuk kereta "NOZOMI" dan "MIZUHO"), kereta ekspres terbatas, kereta ekspres, dan kereta lokal (Green Car Pass berlaku untuk kereta Green Car), serta sistem BRT (Bus Rapid Transit), JR WEST Miyajima Ferry antara Miyajima dan Miyajimaguchi (Anda akan diminta untuk tambahan membayar Pajak Pengunjung Miyajima sebesar 100 yen saat mengunjungi pulau), bus yang dioperasikan oleh JR Hokkaido Bus, JR Bus Tohoku, JR Bus Kanto, JR Tokai Bus, West Japan JR Bus, Chugoku JR Bus, JR Shikoku Bus dan JR Kyushu Bus, dan Monorel Tokyo. Namun perlu diperhatikan bahwa PASS tidak berlaku untuk perjalanan dengan bus jalan raya yang dioperasikan oleh JR Group dan beberapa rute bus lokal.
  • Anda tidak dapat menggunakan Kereta peluru Shinkansen “NOZOMI” atau “MIZUHO” (termasuk kursi yang tidak dipesan). Hanya jika Tiket NOZOMI MIZUHO [HANYA DENGAN JAPAN RAIL PASS] dibeli terpisah sebelum menaiki kereta dan digunakan bersama dengan JAPAN RAIL PASS yang valid, kereta "NOZOMI" atau "MIZUHO" dapat digunakan untuk bagian dan fasilitas yang tertera pada tiket yang dibeli.
  • Rute yang dicakup oleh PASS dapat berubah.
  • Saat menggunakan PASS untuk bepergian dengan Kereta JR yang melewati jalur yang dioperasikan oleh perusahaan selain JR Railways, JR West Miyajima Ferry, JR Bus (tidak termasuk beberapa rute seperti rute bus ekspres), dan Tokyo Monorail, Anda harus membayar tarif terpisah dan biaya-biaya lain dari jarak yang ditempuh pada bagian tersebut. Namun, tidak ada tarif atau biaya terpisah yang diperlukan jika Anda hanya melewati bagian berikut tanpa singgah.
  1. Kereta Api Aoimori antara Hachinohe dan Aomori, Aomori dan Noheji, atau Hachinohe dan Noheji (Hanya berlaku untuk kereta biasa).
  2. Kereta IR Ishikawa antara Kanazawa dan Tsubata (Tidak termasuk perjalanan dengan kereta selain jalur JR yang melampaui bagian tersebut).
  3. Kereta Api Ainokaze Toyama antara Toyama dan Takaoka (Hanya berlaku untuk kereta biasa, tidak termasuk perjalanan dengan kereta selain jalur JR yang melampaui bagian tersebut). Anda harus membeli tiket Liner selain PASS untuk menggunakan “Ainokaze Liner.”
7) PASS sendiri tidak menjamin Anda mendapatkan kursi. Jika Anda ingin menggunakan kursi yang dipesan, pastikan untuk memesan kursi yang dipesan (tidak perlu pembayaran tambahan). Anda dapat memperoleh tiket kursi yang dipesan di mesin tiket kursi yang dipesan, di kantor tiket stasiun JR mana pun (Midori-no-madoguchi), atau di Pusat Layanan Perjalanan mana pun, dll. sebelum naik ke pesawat. Selain itu, jika Anda membeli PASS melalui “Reservasi JAPAN RAIL PASS” (selanjutnya disebut “JRPR”), Anda juga dapat memesan kursi yang dipesan di JRPR. Harap dicatat, Anda dapat menggunakan kursi non-reservasi dengan PASS, namun beberapa kereta tidak memiliki kursi non-reservasi. Selain itu, jika Anda ingin bepergian dalam kompartemen pribadi dengan Shinkansen atau kereta ekspres terbatas, Anda akan diminta untuk membayar biaya ekspres terbatas untuk kompartemen pribadi, serta biaya Green Car jika kompartemen pribadi tersebut adalah Green Car akomodasi. Jika Anda ingin bepergian dengan mobil tidur, DX Green Car, Premium Green Car, atau Gran Class Car, Anda akan diminta untuk membayar biaya sleeping car, biaya Green Car yang berlaku untuk DX Green Car, Premium Green Car biaya, atau biaya Gran Class Car, serta biaya layanan ekspres terbatas atau reguler. Jika Anda mengendarai Green Car menggunakan car pass biasa, Anda akan diharuskan membayar biaya Green Car, serta biaya layanan limited atau regular express (Tidak ada biaya tambahan yang berlaku saat menggunakan Green Car pass). Anda juga harus membayar biaya tambahan di muka untuk melakukan perjalanan dengan kereta lokal yang memerlukan tiket bernomor atau tiket kapal. PASS tidak mengizinkan Anda berpindah ke kursi yang dipesan atau mobil tidur setelah naik pesawat.

8) Saat mengajukan tiket kursi yang dipesan dan memesan kursi yang dipesan di JRPR, tiket kursi yang dipesan tidak dapat diajukan jika memenuhi salah satu kondisi berikut.
  1. Tiket Reserved Seat yang Anda pesan berada pada hari yang sama dan memiliki waktu keberangkatan dan kedatangan yang tumpang tindih dengan tiket Reserved Seat yang telah diterbitkan sebelumnya.
  2. Di JRPR atau di mesin tiket Reserved Seat, tiket Reserved Seat yang Anda pesan berada pada hari yang sama dan mempunyai stasiun keberangkatan dan kedatangan yang sama dengan tiket Reserved Seat yang sudah dipesan sebelumnya.
  3. Di JRPR atau di mesin tiket kursi yang dipesan di stasiun JR, jika tiket kursi yang dipesan untuk lebih dari 110 kereta telah diterbitkan di PASS.
  4. Anda tidak boleh memesan kursi yang dipesan meskipun kursi tersebut terbuka dalam situasi seperti ketika jumlah kursi terbatas menurut kereta atau bagian.
9) Perlu diketahui bahwa nomor reservasi tercetak pada PASS dan tiket kursi yang dipesan. Setiap Pengguna harus menggunakan tiket kursi yang dipesan dengan nomor reservasi yang sama dengan PASS miliknya.

10) Apabila terjadi perubahan atau pembatalan kursi yang dipesan, harap lakukan prosedur pembatalan tiket kursi yang dipesan sebelum waktu keberangkatan kereta yang Anda pesan.

11) Jika Anda menggunakan kursi yang tidak dipesan, atau jika Anda bepergian dengan mobil biasa menggunakan tiket Green Car, tidak ada pengembalian uang yang akan dibayarkan untuk tarif atau biaya lainnya.

12) PASS hanya dapat digunakan dalam jangka waktu penggunaannya.

13) PASS tidak dapat ditukar dengan jenis pass atau tiket lainnya, dan periode penggunaan PASS yang diajukan juga tidak dapat diubah.

14) Harap dicatat bahwa PASS tidak dapat diajukan kembali jika hilang atau dicuri.

15) Jika PASS biasa gagal diajukan karena kegagalan sistem, dll., PASS yang membatasi sebagian fungsi (misalnya, mesin tiket kursi yang dipesan atau gerbang tiket otomatis tidak tersedia) dapat diajukan. Namun, pengembalian dana tidak tersedia karena alasan ini.

16) Pengembalian dana pada prinsipnya hanya tersedia sebelum tanggal mulai periode penggunaan. Untuk pengembalian dana, jika ada tiket kursi reservasi yang diajukan, semua tiket kursi reservasi yang diajukan harus dibatalkan.
  1. Jika PASS dibeli di JRPR Anda belum mendapatkan PASS, pengembalian dana tersedia di JRPR. Pengembalian dana tersedia hingga pukul 23:30. (Waktu Jepang) pada hari sebelum tanggal mulai periode penggunaan PASS. Jika Anda sudah menerima PASS, Anda dapat mengajukan refund di loket tempat PASS didistribusikan. Apa pun kasusnya, biaya penanganan sebesar 560 yen akan dikenakan per PASS.
  2. Jika Anda membeli Exchange Order di negara selain Jepang, pengembalian dana untuk PASS yang ditukar tersedia di kantor penukaran domestik. Biaya penanganan 10% dari harga jual (yen Jepang) akan dikenakan per PASS. Jika Anda ingin mendapatkan pengembalian dana untuk Exchange Order itu sendiri, ajukan permohonan di kantor penjualan tempat Anda membeli Exchange Order. Untuk biaya penanganan, harap konfirmasi ke kantor penjualan.
  3. Jika Anda membeli PASS di kantor penjualan domestik, pengembalian dana tersedia di kantor penjualan domestik. Perlu diketahui bahwa jika Anda membeli PASS dengan kartu kredit, pengembalian dana hanya tersedia di kantor penjualan agen perjalanan tempat Anda membelinya. Biaya penanganan 10% dari harga jual (yen Jepang) akan dikenakan per PASS.
17) Setelah Anda mulai menggunakan PASS, periode penggunaan tidak dapat diperpanjang, dan pengembalian dana tidak akan diberikan, meskipun kereta api dan layanan transportasi lain yang memenuhi syarat ditangguhkan atau ditunda karena alasan apa pun, termasuk bencana alam. Selain itu, JR Group tidak akan menanggung biaya tambahan akibat perubahan rute Anda, seperti biaya transportasi alternatif atau biaya akomodasi.

18) Selain syarat dan ketentuan yang ditetapkan di atas, saat menggunakan PASS, Anda harus mematuhi peraturan JR Group, syarat dan ketentuan, dan hukum Jepang.

19) Pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan di atas atau peraturan JR Group dalam penggunaan PASS dapat mengakibatkan pembatalan dan penyitaan PASS, serta dikenakan denda sebesar dua kali tarif dasar dan biaya untuk semua layanan transportasi yang digunakan.

20) Jika ada pertanyaan yang mungkin timbul mengenai syarat dan ketentuan ini yang ditulis dalam bahasa lain, teks versi Jepang akan diprioritaskan untuk ditafsirkan.