Ketahui Lebih Banyak Mengenai Tokaido Sanyo Shinkansen, Dua Jalur Shinkansen Paling Sibuk di Jepang
Transportasi shinkansen tentunya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang, khususnya mereka yang sudah sering bepergian ke Jepang. Jenis transportasi yang disebut-sebut sebagai salah satu transportasi paling cepat dan paling efisien di dunia ini terbagi ke dalam beberapa jalur.
Tercatat ada total delapan jalur shinkansen yang beroperasi di Jepang dengan dua jalur shinkansen paling sibuk adalah jalur Tokaido Sanyo Shinkansen; jalur yang menghubungkan Tokyo dengan kota-kota besar di wilayah barat Jepang.
Tokaido Shinkansen merupakan jalur kereta cepat pertama yang ada di Jepang dan bahkan di dunia, resmi beroperasi sejak tahun 1964 seiringan dengan diselenggarakannya Olimpiade Tokyo. Kemudian menyusul kesuksesan Tokaido Shinkansen, jalur shinkansen kedua pun resmi dibuka pada tahun 1975 dan diberi nama Sanyo Shinkansen.
Rute Tokaido Sanyo Shinkansen
Tokaido Sanyo Shinkansen merupakan dua jalur shinkansen yang berbeda tapi saling berhubungan; Tokaido Shinkansen adalah jalur shinkansen yang membentang antara Tokyo dan Osaka, sementara Sanyo Shinkansen adalah jalur kelanjutannya yang membentang dari Osaka ke Hakata di Fukuoka.
Di sepanjang jalur Tokaido Sanyo Shinkansen ini terdapat beberapa kota besar Jepang yang bisa dilewati, seperti Shizuoka, Yokohama, Nagoya, Kyoto, Kobe, Hiroshima, dan lain-lain. Jalurnya yang terletak dengan sangat strategis menjadikan jalur Tokaido Sanyo Shinkansen sebagai dua jalur yang paling banyak digunakan di Jepang.
Jenis Kereta di Jalur Tokaido Sanyo Shinkansen
Seperti yang sudah disebutkan di atas, jalur Tokaido Sanyo Shinkansen ini saling terhubung satu sama lain. Hal ini membuat adanya kereta yang beroperasi di jalur Tokaido Shinkansen turut beroperasi di jalur Sanyo Shinkansen.
Rincian jenis kereta yang ada di jalur Tokaido Sanyo Shinkansen dapat dilihat di bawah ini.
Nozomi
Nozomi adalah kereta paling cepat di jalur Tokaido Sanyo Shinkansen. Kereta Nozomi umumnya beroperasi di jalur Tokaido Shinkansen, tapi ada banyak juga kereta Nozomi yang terus melaju hingga ke Hakata di Fukuoka menggunakan jalur Sanyo Shinkansen.
Kereta ini bisa menempuh perjalanan dari Tokyo ke Osaka sejauh lebih dari 500 kilometer dalam kurun waktu 2 jam 21 menit saja. Sementara itu, perjalanan dari Tokyo ke Hakata sejauh lebih dari 1000 kilometer dengan Nozomi akan memakan waktu sekitar 4 jam 46 menit.
Di sepanjang jalur Tokaido Shinkansen, kereta Nozomi hanya akan berhenti di stasiun-stasiun besar saja, seperti stasiun Shinagawa, Shin-Yokohama, Nagoya, dan Kyōto. Sementara di jalur Sanyo Shinkansen, Nozomi hanya akan berhenti di stasiun Shin-Kobe, Hiroshima, Okayama, dan Kokura.
Sayangnya, penggunaan kereta Nozomi ini tidak didukung oleh JR Pass sehingga bagi kamu yang sudah terlanjur membeli JR Pass tapi ingin menggunakan kereta Nozomi maka diharuskan kembali membeli tiket terpisah.
Hikari
Kereta tercepat kedua di jalur Tokaido Sanyo Shinkansen adalah kereta Hikari. Pada awal shinkansen beroperasi di tahun 1964, Hikari merupakan kereta tercepat yang ada di jalur Tokaido Sanyo Shinkansen. Gelar “kereta tercepat” kemudian direbut oleh kereta Nozomi yang resmi beroperasi di tahun 1992.
Kereta Hikari berhenti di lebih banyak stasiun perhentian dibandingkan Nozomi, hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa Hikari menjadi lebih lambat dibanding Nozomi. Akan tetapi, penggunaan kereta Hikari ini didukung oleh JR Pass sehingga wisatawan yang membeli JR Pass tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan lain.
Kodama
Kereta Kodama adalah kereta paling lambat yang akan berhenti di semua stasiun yang ada di sepanjang jalur Tokaido Sanyo Shinkansen. Di sebagian besar stasiun perantara, kereta Kodama akan menunggu kereta yang lebih cepat, seperti Nozomi, Hikari, Sakura, dan Mizuho, untuk lewat sebelum melanjutkan perjalanannya.
Perlu diketahui bahwa tidak ada kereta Kodama yang melaju secara langsung dari Tokyo ke Hakata. Umumnya, Kodama hanya akan melaju dalam jarak pendek seperti rute Tokyo-Osaka dan Osaka-Hakata. Maka dari itu mereka yang menggunakan kereta Kodama dengan tujuan Hakata diharuskan untuk berganti kereta ketika sampai di stasiun Shin-Osaka.
Sama seperti Hikari, kereta Kodama juga bisa dinaiki dengan menggunakan JR Pass.
Mizuho
Mizuho adalah kereta tercepat yang beroperasi di jalur Sanyo Shinkansen, melaju dari Osaka hingga paling jauh ke Kagoshima, membuatnya juga beroperasi di jalur Kyushu Shinkansen. Sama seperti kereta Nozomi, penggunaan JR Pass juga tidak berlaku untuk kereta Mizuho sehingga dibutuhkan biaya tambahan untuk membeli tiket terpisah.
Di sepanjang jalur Sanyo Shinkansen menuju ke Hakata, kereta Mizuho akan berhenti di beberapa stasiun seperti stasiun Shin-Kobe, Okayama, Hiroshima, dan Kokura.
Sakura
Kereta tercepat kedua di jalur Sanyo Shinkansen adalah Sakura yang akan berhenti di lebih banyak stasiun dibandingkan kereta Mizuho dalam perjalanan menuju Hakata, bahkan hingga ke Kagoshima-Chuo di jalur Kyushu Shinkansen.
JR Pass berlaku untuk perjalanan dengan menggunakan kereta Sakura ini.
Kelas dalam Tokaido Sanyo Shinkansen
Hampir semua jenis kereta shinkansen terdiri dari dua kelas yang berbeda, yakni Green Car (first class) dan Ordinary Car (ekonomi). Sementara itu, kelas paling elit yang ada di kereta shinkansen adalah Gran Car yang terbatas hanya ada untuk jalur shinkansen tertentu saja.
Green
Green Car juga disebut sebagai first-class, dengan hanya ada empat kursi saja di setiap barisnya. Kelas ini memberikan kenyamanan lebih kepada para penumpangnya dengan kursi yang lebih lebar dan nyaman, ruang kaki yang lebih luas, tempat penyimpanan barang pribadi, serta suasana yang lebih tenang karena jumlah penumpangnya yang lebih sedikit.
Seluruh kursi yang ada di Green Car ini termasuk kursi kategori reserved seat, sehingga kamu harus memesan tempat duduk lebih dulu apabila ingin duduk di sini. Pemesanan kursi ini dapat dilakukan di loket tiket yang tersedia ataupun secara online.
Umumnya, pemesanan kursi ini tidak dipungut biaya apapun, khususnya bagi para pemegang JR Pass. Tapi tentu saja biaya tambahan dibutuhkan apabila kamu ingin memesan kursi di kereta Nozomi atau Mizuho yang tidak termasuk ke dalam layanan JR Pass.
Ordinary
Ordinary adalah kelas ekonomi yang paling umum digunakan di kereta shinkansen. Meskipun termasuk kelas standar, fasilitas yang disediakan di kelas ini cukup nyaman dan memadai sehingga perjalanan menggunakan Ordinary Car pun akan tetap terasa nyaman.
Tiap baris yang ada di gerbong Ordinary Car terdiri dari lima kursi, satu kursi lebih banyak dibandingkan Green Car sehingga jumlah penumpangnya lebih banyak. Semua kereta shinkansen yang beroperasi di Jepang pasti memiliki kursi kelas Ordinary Car ini.
Ordinary Car terdiri dari reserved dan non reserved seat. Akan tetapi, tidak semua kereta shinkansen memiliki kursi kategori non reserved seat, contohnya seperti kereta Hayabusa, Hayate, Komachi, dan Tsubasa di jalur Tohoku Shinkansen dan kereta Kagayaki di jalur Hokuriku Shinkansen yang hanya menyediakan kursi reserved seat.
Perlu diingat juga bahwa di periode tertentu seperti Tahun Baru atau Golden Week, shinkansen biasanya hanya akan menawarkan layanan reserved seat.
Gran
Satu level di atas Green Car masih ada Gran Car; kategori kelas paling elit dan terbatas yang hanya ada di jalur shinkansen tertentu saja. Gran Car dilengkapi oleh fasilitas yang lebih mewah lagi beserta pelayanan dari pramugara/i kereta yang akan melayani sepenuh hati selama perjalanan berlangsung.
Kelas Gran Car ini hanya ada di kereta yang beroperasi di jalur Tohoku, Hokuriku, Joetsu, dan Hokkaido Shinkansen. Seperti yang bisa dilihat dari gambar di atas, kursi di kelas Gran Car disusun hanya untuk tiga orang saja tiap barisnya dengan total sebanyak 18 kursi saja di setiap kereta.
Nah, bagimu yang berencana untuk liburan ke Jepang dalam waktu dekat ini dan akan berkeliling Jepang menggunakan transportasi shinkansen, kamu bisa memesan tiket shinkansen dengan cara yang lebih mudah dan efisien melalui agen perjalanan Japantrips!
Dimulai dari JR Pass Nationwide yang mencakup hampir seluruh wilayah Jepang, Hokuriku Arch Pass untuk perjalanan dari Tokyo ke Osaka, Tiket Shinkansen One-Way, dan masih banyak lagi!
Jadi tunggu apalagi? Ayo segera lengkapi kebutuhanmu selama liburan ke Jepang dengan produk Japantrips sekarang juga!