Harga JR Pass Naik, Apa Masih Layak?

Photo By: JR Group

Harga JR Pass resmi naik pada tanggal 1 Oktober 2023, kenaikan harganya pun naik hingga 77% dari harga sebelumnya. Pada awalnya hanya berkisar 3 – 8 juta rupiah, sekarang berubah drastis menjadi 5 – 14 juta rupiah sesuai dengan hari dan kategorinya. Apakah dengan kenaikan tersebut JR Pass masih layak untuk di beli? Kita akan bahas apa saja kelebihan dari JR Pass harga baru dan apakah layak untuk dibeli atau tidak.
 

1. Kelebihan dari JR Pass Harga Baru

 
Photo By: Amnet

Pada JR Pass harga baru, ada fitur tambahan yang bisa kamu dapatkan. kamu bisa mengakses kereta Nozomi dan Mizuho. Kereta Nozomi sangat terkenal karena merupakan salah satu kereta tercepat di Jepang dengan kecepatannya yang bisa mencapai 300km/jam, kereta tersebut sangat berguna jika kamu akan menjelajahi Tokyo dan Osaka. Akan tetapi, kamu perlu membayar biaya tambahan jika ingin mengakses dua kereta tersebut. Berikut adalah rincian biayanya:
  • Tokyo - Nagoya  ¥4,180 (Rp.441.000)
  • Tokyo - Kyoto  ¥4,960 (Rp.523.000)
  • Tokyo - Shin-Osaka  ¥4,960 (Rp.523.000)
  • Tokyo - Hiroshima  ¥6,500 (Rp.685.000)
 

2. Tidak Mencangkup Seluruh Transportasi

Photo By: Pinterest
 
Perlu kamu ketahui bahwa JR Pass tidak menyangkup seluruh transportasi yang tersedia di Jepang. Tidak semua kereta yang tersedia di Jepang bisa kamu akses karena hanya kereta milik JR saja yang ditanggung oleh JR Pass. Kamu juga tidak bisa mengakses kereta bawah tanah dengan JR Pass ini.

Kamu bisa mengakses aplikasi Navi time app untuk mengetahui informasi tentang kehadiran dan waktu berangkat kereta JR serta rute yang tersedia. Kamu juga bisa melihat logo JR yang muncul di stasiun metro untuk mengetahui apakah rute JR tersedia atau tidak.
 

3. Apakah JR Pass Masih Layak Beli?

Photo By: Japantrips.id
 
Setelah kamu membaca informasi di atas apakah kamu masih berpikir JR Pass layak untuk dibeli atau tidak? Sebenarnya kelayakan dari membeli JR Pass sendiri tergantung dengan tujuan kamu liburan di Jepang itu sendiri. Apakah kamu akan berpergian ke beberapa wilayah di Jepang dengan jarak yang jauh atau kamu hanya akan tinggal di satu atau dua kota saja yang jaraknya berdekatan.

Tentu saja akan terasa lebih worth it untuk membeli JR Pass jika kamu memang akan menggunakannya berkali – kali untuk berpergian ke berbagai tempat yang jauh. Akan tetapi jika kamu tidak akan melakukan hal tersebut, kamu bisa membeli tiket transportasi lokal  atau One-Way Shinkansen saja yang mana harganya pasti akan jauh lebih murah dibanding membeli JR Pass.

Beli One-Way Shinkansen dengan harga termurah hanya di Japantrips (Klik link berikut ini).

Jadi kesimpulannya, kelayakan dalam membeli JR Pass dengan harga baru tergantung dengan itenerary (rencana perjalan) kamu, jika kamu akan berpergian ke berbagai macam tempat di Jepang tentu saja JR Pass masih layak untuk kamu beli. Kamu bisa mengkonsultasikan intenerary kamu bersama kami dengan click (disini) dan jangan lupa untuk membeli seluruh kebutuhan liburan ke Jepangmu hanya di japantrips.id.


Penulis: Fatahilah As-syahid rijwan