9 Festival Japan di Nagano yang Wajib Kamu Hadiri di Tahun 2024!


Nagano merupakan prefektur di negara Jepang yang terkenal dengan keindahan alamnya. Nagano Jepang bukan hanya memiliki destinasi wisata musim dingin yang menarik, tetapi juga menarik karena Nagano menjadi tempat bagi berbagai festival yang spektakuler. 

Dari festival kembang api yang memukau hingga acara-acara musim dingin yang unik, Nagano menawarkan pengalaman berlibur yang tak akan terlupakan. Artikel ini akan membahas 9 festival menarik di Nagano, yang akan menggambarkan tentang kekayaan budaya dan kemeriahan yang akan kamu nikmati ketika menghadiri festival-festival tersebut.
 

9 Festival Menarik di Nagano

Negara Jepang dikenal dengan budayanya yang unik dan menarik, disamping itu, negara Jepang juga dikenal akan festival-festival meriahnya yang memiliki nilai unik tersendiri. Disetiap daerah Jepang memiliki acara festivalnya sendiri, dan berikut adalah 11 festival Japan di bagian wilayah Nagano yang dapat kamu saksikan di tahun 2024 nanti!
 

1. Festival Kembang Api Nagano Ebisuko - Akhir November 2024


Festival Kembang Api Nagano Ebisuko akan memulai kemeriahan dalam kalender festival Japan di Nagano. Festival ini berlokasi di tepi sungai Saigawa, pusat kota Nagano. Dengan panggung yang menakjubkan di langit malam, warga setempat dan wisatawan dapat berkumpul untuk menyaksikan pertunjukan kembang api yang spektakuler. 

Kemeriahan warna-warni dan desain kembang api yang kreatif akan menciptakan atmosfer yang magis sehingga menambahkan nuansa romantis dan meriah di udara. Festival ini akan diadakan pada akhir November di tahun 2024.
 

2. Snow Machine - 26 Februari sampai 2 Maret 2024



Snow Machine adalah festival musik yang membawa energi luar biasa ke salju di Nagano. Festival Japan ini berlokasi di Hakuba Happo-One, Nagano Jepang dan akan diadakan pada 26 Februari sampa dengan 2 Maret di tahun 2024. 

Festival Snow Machine yang berlangsung 5 hari ini akan memberi pengalaman menarik dengan pemandangan bersalju yang memukau. Kamu dapat menikmati penampilan artis terkenal dan mengeksplorasi budaya musik lokal saat menghadiri festival ini. 
 

3. Nagano Firework Festival



Nagano Firework Festival akan menghidupkan langit malam dengan warna dan ledakan yang memukau. Festival ini diadakan di sepanjang Sungai Chikuma yang akan menyatukan masyarakat dengan spektakel visual yang luar biasa. Kembang api yang mencerminkan tradisi dan kreativitas budaya masyarakat Jepang ini aka memberikan pengalaman yang tidak terlupakan untuk kamu!
 

4. Dosojin Nozawa Onsen Fire Festival - 15th January 2024


Dosojin Nozawa Onsen Fire Festival adalah perayaan unik yang melibatkan pembakaran kuil miniatur sebagai bagian dari ritual tradisional masyarakat setempat. Festival ini merupakan festival tahunan yang diadakan setiap 15 Januari, dan kamu dapat menghadirinya di tanggal 15 Januari 2024 nanti.  

Festival ini diadakan sebagai sebuah simbol untuk merayakan kelahiran anak pertama dari sebuah keluarga, untuk menyucikan usia 24 dan 42 yang dianggap angka sial, dan untuk mendoakan kebaikan pada sebuah pernikahan. Festival Dosojin Nozawa Onsen Fire akan menampilkan sebuah adegan pertarungan diantara penduduk desa berusia 25 dan 42 untuk melindungi sebuah kuil yang terbakar. 

Di festival ini kamu akan menyaksikan pembakaran kuil dari pukul 22.00 sampai dengan pukul 23.00, saat dimana kuil miniatur telah habis terbakar.
 

5. Yabito Festival - 13 January 2024



Yabito Festival merupakan festival musik yang akan mempersembahkan keindahan budaya masyarakat lokal. Dengan parade tradisional, pertunjukan seni rakyat, dan pameran kuliner, festival ini akan memanjakan pengunjung dengan keberagaman budaya Nagano. Festival ini dapat kamu saksikan dan hadiri pada tanggal 13 Januari di tahun 2024.
 

6. Festival Salju Shiga Kogen - February 2024


Festival Salju Shiga Kogen merupakan festival Japan yang akan diadakan pada bulan Februari di tahun 2024. Festival ini menghadirkan pesona musim dingin dengan segala keunikannya. Kamu dapat menikmati berbagai kegiatan salju, seperti olahraga ekstrem, pertunjukan ski, dan pembuatan patung salju saat mengikuti festival salju Shiga Kogen. 
 

7. Matsuri Karuizawa - 25th November - 29 Februari 2024



Matsuri Karuizawa adalah festival yang memadukan tradisi dan modernitas di tengah pegunungan. Festival ini diadakan pada 25 November 2023 sampai 29 Februari 2024 di Kairuzawa, Nagano Jepang. 

Festival Matsuri Karuizawa menyajikan tarian tradisional, pawai kostum, dan pameran seni kontemporer. Festival ini menciptakan harmoni antara warisan budaya dan tren zaman sekarang yang membuatnya sangat menarik dan populer untuk dihadiri oleh masyarakat lokal maupus wisatawan.
 

8. Festival Daikanbou


Festival Daikanbou merupakan perayaan musim dingin yang meriah. Festival ini akan menghadrikan pesta salju, pertunjukan seni, dan pameran lokal. Dengan menghadiri festival Dainkanbou, kamu dapat merasakan kegembiraan musim dingin dengan sentuhan lokal yang khas.
 

9. Shinshu Ueda Danjiri Matsuri - September 2024


Shinshu Ueda Danjiri Matsuri adalah festival yang akan diadakan pada bulan September 2024 di Ueda, Nagano, Jepang. Festival ini  menampilkan tradisi Matsuri Jepang dengan pertunjukan khas dan parade kuil yang megah. 
 

Tips Wisata untuk Menikmati Festival di Nagano

Ketika kamu berencana untuk menghadiri salah satu atau beberapa festival Jepang di Nagano yang akan diadakan pada tahun 2024, tentunya kamu harus mempersiapkan rencana perjalananmu sedari sekarang agar tidak kewalahan nantinya. 

Kami akan memberikan beberapa tips untuk membantu kamu merencanakan perjalanan menjelajahi festival Japan di tahun 2024. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Pilih waktu untuk perjalananmu dengan bijak. Kamu dapat memilih waktu perjalananan dengan tergantung pada festival yang ingin kamu saksikan. 
  2. Pastikan kamu memesan akomodasi dengan cukup waktu, terutama jika festival yang kamu pilih merupakan festival yang menjadi tujuan populer. 
  3. Rencanakan rute transportasinya dengan baik, baik itu menggunakan kereta, bus, atau mobil pribadi. Pastikan kamu mengetahui jalur dan waktu perjalanan antara festival-festival yang ingin kamu kunjungi.
  4. Pesan tiket perjalanan sedari jauh hari sebelum keberangkatan agar kamu dapat menemukan tiket perjalanan yang menawarkan harga paling sesuai. 
  5. Untuk menjelajahi festival yang ada di Nagano, kamu dapat menggunakan JR East Pass Nagano - Niigata, yang akan mengantarkanmu mengelilingi Nagano dengan rute  Nagano - Niigata.
 
Back to blog