Daftar Lengkap JR Pass Japan di 8 Wilayah Jepang

Negara Jepang merupakan negara yang dikenal akan kemajuan teknologinya. Dalam hal transportasi pun Jepang dikenal dengan transportasi yang modern, beragam, dan efisien. Melalui sistem transportasi yang efisien dan beragam, Jepang membuka pintu bagi para wisatawan untuk menjelajahi keindahan dan keragaman budaya setiap wilayah dengan mudah.


Artikel ini akan memberikan kamu informasi lengkap mengenai JR pass Japan di 8 wilayahnya. Tentunya informasi ini akan sangat membantu kamu yang memiliki impian ataupun yang sedang akan berlibur ke Jepang. Mari saksikan informasi selengkapnya!
 

Apa itu JR Pass Japan?

JR Pass atau Japan Rail Pass merupakan tiket kereta yang dikeluarkan oleh Japan Railways Group (JR Group). JR Pass Japan dapat memberikan akses tak terbatas ke jaringan kereta api JR di seluruh Jepang selama periode waktu tertentu. Dengan kata lain, pemegang JR Pass dapat bepergian dengan kereta api Japan Rail tanpa batas selama masa berlaku tiket yang kamu miliki.

Japan Railways memiliki jaringan kereta api yang luas di seluruh Jepang, termasuk Shinkansen (kereta cepat), kereta lokal, dan kereta ekspres. JR Pass akan sangat berguna bagi wisatawan yang memiliki keinginan untuk melakukan perjalanan antar kota di Jepang, terutama jika kamu berencana untuk mengunjungi beberapa kota selama kunjunganmu.

JR Pass Japan memiliki beberapa jenis pilihan yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perjalananmu, diantaranya adalah pilihan 7 hari, 14 hari, dan 21 hari. Pilihan ini tentunya akan memudahkan kamu untuk praktis dalam menyiapkan tiket akomodasi selama periode perjalananmu. Akan tetapi, JR Pass Japan hanya tersedia untuk wisatawan asing dan harus dibeli sebelum kamu tiba di Jepang, karena tiket ini tidak dijual di dalam negeri. 
 

JR Pass Japan by Region

Jepang, sebagai destinasi wisata yang populer, memiliki struktur transportasi yang sangat efisien dan terintegrasi. Setiap wilayah di Jepang memiliki karakteristik dan daya tariknya sendiri, dan akses perjalanan ke masing-masing wilayah dapat bervariasi. Maka dari itu, sebelum kamu merencanakan untuk membeli JR Pass, akan lebih baik jika kamu mengetahui apakah rute perjalanan yang akan kamu lalui.

Dengan memiliki JR Pass Japan sesuai dengan wilayah,kamu dapat merencanakan perjalanan mu dengan lebih efisien dan hemat biaya. Berikut merupakan daftar JR pass dari 8 wilayah di Jepang yang kami sediakan untuk memudahkan kamu memutuskan akan memilih JR pass yang sesuai dengan rute perjalananmu.
 

Hokkaido
 

Hokkaido merupakan pulau terbesar di Jepang yang terletak di ujung utara kepulauan. Akses terbaik untuk mencapai Hokkaido adalah melalui udara atau kereta cepat Shinkansen. Shinkansen Hokkaido dapat membawa wisatawan dari Tokyo ke Hokkaido dalam waktu yang relatif singkat. Dan berikut merupakan daftar JR pass Japan yang dapat kamu pilih ketika melakukan perjalanan wisata ke wilayah Hokkaido:
 
  1. JR Hokkaido Rail Pass: Tiket ini menawarkan kebebasan yang tidak terbatas untuk menjelajahi pulau Hokkaido selama periode tertentu. Tiket ini juga mencakup perjalanan ke kota-kota seperti Sapporo, Hakodate, dan Asahikawa.
  2. JR East - South Hokkaido Rail Pass: Tiket ini merupakan solusi bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan dari wilayah Tohoku ke Hokkaido selatan.
  3. JR Hokkaido Sapporo - Furano Area Pass: Tiket ini dirancang khusus untuk perjalanan antara Sapporo dan Furano. Dengan menaiki kereta rute ini, kamu dapat melihat pesona dari pedesaan dan pegunungan Hokkaido.
  4. JR Tohoku - South Hokkaido Rail Pass: Tiket ini dapat memberikan akses lintas wilayah dari Tohoku ke bagian selatan Hokkaido  sehingga memungkinkan kamu menjelajahi keindahan alam yang beragam.
  5. JR Sapporo - Noboribetsu Area Pass: Tiket ini menawarkan pengalaman unik dengan fokus pada perjalanan antara Sapporo dan Noboribetsu yang terkenal dengan pemandian air panasnya.
 

Tohoku



Wilayah Tohoku terletak di utara Honshu dan merupakan pulau terbesar kedua di Jepang. Akses perjalanan utama ke Tohoku adalah melalui Shinkansen Tohoku dari Tokyo. Kereta lokal dan bus wilayah ini menyediakan akses yang baik ke kota-kota kecil dan pedesaan di Tohoku. Berikut daftar JR pass Japan untuk kamu yang ingin berlibur ke Tohoku:
 
  1. JR East Pass Tohoku Area: Kartu ini memberikan akses ke wilayah Tohoku yang melibatkan kota-kota bersejarah seperti Sendai dan Aomori.
  2. JR Tohoku - South Hokkaido Rail Pass: Merupakan pilihan yang efektif untuk perjalanan lintas wilayah antara Tohoku dan Hokkaido selatan.
 

Kanto



Kanto merupakan kawasan metropolitan di Jepang yang mencakup kota Tokyo dan sekitarnya. Akses terbaik untuk pergi ke Kanto adalah melalui bandara internasional Narita dan Haneda di Tokyo. Shinkansen dan jaringan kereta lokal juga dapat memudahkan perjalanan kamu selama bepergian di wilayah ini. JR Pass Japan yang dapat kamu pilih untuk berlibur di wilayah ini diantaranya adalah:
 
  1. JR Tokyo Wide Pass: Tiket ini dapat memberikan kebebasan untuk kamu menjelajahi wilayah Kanto, yang mencakup Tokyo, Yokohama, dan sekitarnya.
  2. JR East Pass Nagano - Niigata Area: Merupakan tiket yang ideal untuk kamu jika kamu tertarik untuk menggali keindahan alam dan budaya di wilayah Nagano dan Niigata.
  3. JR Hokuriku Arch Pass: Tiket ini memungkinkan perjalanan yang mudah antara Tokyo dan wilayah Hokuriku yang terkenal dengan destinasi wisata alamnya.
     

Chubu




Chubu merupakan wilayah yang terletak di tengah pulau Honshu dan memiliki akses yang baik melalui Shinkansen Tokaido. Bandara internasional Chubu Centrair di Nagoya adalah pintu masuk utama ke wilayah ini. Chubu juga dikenal sebagai gerbang menuju Pegunungan Alpen Jepang. Kamu dapat menjelajahi wilayah ini menggunakan JR, dan berikut merupakan tiket yang dapat mengantarkan kamu untuk yang akan pergi ke wilayah ini:
 
  1. JR Takayama-Hokuriku Area Tourist: Memberikan akses ke kereta ekspres dan lokal di antara Nagoya, Gifu, Toyama, dan Kanazawa sehingga sangat cocok untuk menjelajahi pemandangan indah Pegunungan Alpen Jepang dan kota tradisional seperti Takayama.
  2. JR Mt. Fuji-Shizuoka Area Tourist:  Dirancang untuk perjalanan ke sekitar Gunung Fuji dan wilayah Shizuoka.
  3. JR Ise-Kumano-Wakayama Area Tourist Pass: Ideal untuk mengunjungi Kuil Ise, tempat-tempat suci di Kumano Kodo, dan pesisir indah Wakayama.
     

Kansai



Wilayah Kansai mencakup kota-kota seperti Osaka, Kyoto, dan Nara. Bandara internasional Kansai di Osaka adalah pintu masuk utama, dan Shinkansen Tokaido menyediakan akses cepat dari Tokyo. Selain itu, kereta lokal dan jalur subway memudahkan perjalanan di dalam kota-kota besar seperti Osaka dan Kyoto. Ketika kamu lebih memilih untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta, berikut JR Pass Japan yang dapat kamu pilih:
 
  1. JR Kansai - Hiroshima Area  Pass: Menghubungkan wilayah Kansai dengan Hiroshima, membuka peluang untuk menjelajahi kota-kota bersejarah dan situs warisan dunia.
  2. JR West Kansai Wide Area Pass: Memberikan keleluasaan perjalanan di wilayah Kansai yang luas, melibatkan destinasi seperti Kyoto, Osaka, Nara, dan Kobe.
  3. JR West Kansai Area Pass: Kartu ini mencakup wilayah Kansai yang lebih terbatas, cocok untuk perjalanan yang lebih terfokus.
  4. JR Haruka Kansai Airport ke Kyoto/Osaka/Tennoji: Menyediakan solusi transportasi yang nyaman dari Kansai Airport ke kota-kota utama seperti Kyoto, Osaka, dan Tennoji.
  5. JR Kansai Hokuriku Area Pass: Menghubungkan Kansai dengan Hokuriku, menggabungkan pesona dua wilayah yang berbeda.

Chugoku



Chugoku merupakan wilayah yang terletak di barat daya Honshu, dan Hiroshima adalah salah satu kota terkenal di wilayah ini. Shinkansen Sanyo menghubungkan Chugoku dengan Kansai dan Shikoku. Di wilayah ini kamu dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta, dan berikut JR Pass Japan yang dapat kamu gunakan:
 
  1. JR Okayama-Hiroshima-Yamaguchi: Kartu ini memungkinkan perjalanan ke wilayah Chugoku, yang mencakup Hiroshima dan Okayama. Ideal untuk mengeksplorasi sejarah dan keindahan alam daerah ini.
  2. JR Kansai Hiroshima Area Pass: Pilihan ideal untuk eksplorasi kota-kota bersejarah seperti Hiroshima dan destinasi wisata populer lainnya di Chugoku.
  3. JR Hiroshima-Yamaguchi Area Pass: Cocok untuk mengunjungi situs bersejarah seperti Hiroshima Peace Memorial dan Miyajima.
  4. JR Setouchi Area Pass: Memungkinkan perjalanan ke kawasan Setouchi yang terkenal dengan pulau-pulau indah dan pemandangan pantainya.
  5. JR Sanyo-San’in Area Pass: Paling cocok untuk menjelajahi pegunungan dan pantai yang indah di sekitar wilayah Chugoku dan San’in.

Shikoku



Shikoku adalah pulau keempat terbesar di Jepang. Pulai ini dapat diakses melalui jembatan atau feri. Shinkansen Seto-Ohashi menghubungkan Shikoku dengan Honshu. Bandara di Matsuyama dan Takamatsu memberikan akses udara. Kereta lokal dan bus adalah opsi yang nyaman untuk menjelajahi pulau ini. JR Pass Japan yang akan sesuai untuk mengantarkan perjalananmu di wilayah ini adalah:
 
  1. JR All Shikoku Rail Pass: Kartu ini memberikan akses tak terbatas di seluruh pulau Shikoku, membawa wisatawan ke tempat-tempat yang kurang dijamah oleh turis.

Kyushu



Kyushu merupakan pulau terbesar ketiga di Jepang. Pulau ini dapat dicapai melalui Shinkansen Kyushu atau transportasi udara melalui bandara di Fukuoka dan Kagoshima. Jaringan kereta lokal dan bus wilayah ini memfasilitasi perjalanan di dalam pulau ini, membawa wisatawan ke tempat-tempat seperti Nagasaki dan Beppu. Berikut merupakan daftar JR pass yang dapat kamu gunakan untuk bepergian di wilayah ini:
 
  1. JR Kyushu Rail Pass: Memungkinkan pemegangnya untuk menjelajahi pulau Kyushu dengan mudah, termasuk kota-kota seperti Fukuoka, Nagasaki, dan Kagoshima.
  2. JR Sanyo-San’in Northern Kyushu Pass: Tiket ini sangat cocok untuk kamu yang akan melakukan perjalanan di sekitar wilayah Chugoku, Kyushu utara, dan sebagian wilayah Kansai.
  3. JR Southern Kyushu Area Pass: Dirancang khusus untuk perjalanan di area selatan pulau Kyushu, mencakup destinasi populer seperti Miyazaki dan Kagoshima.
  4. JR Northern Kyushu Area Pass: Menyediakan akses ke wilayah utara pulau Kyushu, menghubungkan kota-kota seperti Fukuoka dan Nagasaki.
  5. JR All Kyushu Area Pass: Kartu ini mencakup seluruh pulau Kyushu sehingga memungkinkan wisatawan untuk menjelajahi kekayaan alam, budaya, dan sejarah yang dimiliki oleh pulau ini.