Bayar Hometown Tax Bisa Mendapat Hadiah Menginap di Kastil Jepang Kuno Marugame

Hometown Tax atau furusato nōzei di Jepang merupakan sebuah program yang memberi izin kepada para pembayar pajak yang tinggal di perkotaan untuk membantu membayar pajak daerah pedesaan.

Sebagai bentuk apresiasi atas pembayaran pajak sukarela tersebut, umumnya beberapa daerah memberikan beragam “hadiah” kepada pembayar pajak tersebut. Beberapa hadiah tersebut dapat berupa pengurangan pajak, produk lokal tertentu, ataupun pelayanan istimewa lainnya.

Di Kota Marugame, Prefektur Kagawa, Jepang, pemerintah setempat akan memberikan hadiah kepada pembayar pajak yang sukarela membayar pajak daerah minimal ¥4,22 juta (sekitar Rp429.955.738) berupa kesempatan menginap satu malam untuk dua orang di Kastil Marugame.

Akomodasi istimewa ini dinamai shirohaku. Tidak hanya mencakup penawaran menginap satu malam di paviliun Enjyukaku Bekkan Kastil Marugame, akomodasi shirohaku juga sudah termasuk dengan pelayanan sarapan dan makan malam.

Selain itu, pembayar pajak juga dapat menikmati pertunjukan drum yang dimainkan khusus untuk menyambut kedatangan mereka di gerbang Oteichinomon, mendapatkan akses ke lounge malam di menara utama kastil yang merupakan properti budaya penting nasional, dan menikmati sarapan di Taman Nakazu Banshoen.

Setelah pembayar pajak menyelesaikan pembayaran pajaknya dalam program Hometown Tax, mereka dapat melakukan reservasi untuk menginap di Kastil Marugame melalui telepon atau kode QR yang ada pada voucher yang dikirim oleh pemerintah Kota Marugame.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui salah satu dari 12 website yang dipegang langsung oleh pemerintah kota setempat, salah satunya di sini.

Diketahui per tanggal 29 Mei 2024 kemarin, pemerintah Kota Marugame sudah menerima delapan pertanyaan mengenai ketertarikan untuk menginap di kastil, yang mana tiga di antaranya berasal dari luar negeri, tapi masih belum mendapatkan konfirmasi lebih lanjut.

Umumnya, paket menginap satu malam untuk dua orang di Kastil Marugame dihargai ¥1,265 juta (sekitar Rp128.718.934).

Program Hometown Tax dengan hadiah menginap di Kastil Marugame ini sudah mulai berlaku sejak Bulan Juli 2024.

Back to blog