Biaya Liburan ke Jepang, Simak Rincian Budget Murah Traveling ke Jepang

Photo By: David Edelstein

Ingin Liburan ke Jepang tapi takut dengan biaya mahal yang harus dikeluarkan? Tenang saja, kami akan memberikan tips untuk kamu yang ingin liburan ke Jepang dengan budget minimum. Berikut adalah rincian budget murah traveling ke Jepang oleh japantrips.id.
 

1. Biaya Visa Jepang

Photo By: ismiwillysia
 
Visa merupakan satu barang yang wajib kamu punya sebelum pergi ke Jepang. Biaya visa ke jepang untuk single entry Rp.330.000 dan untuk mutiple entry Rp.650.000. Sedangkan untuk transit visa Rp.80.000. Biaya tersebut belum termasuk dengan biaya layanan proses oleh JVAC sebesar Rp.200.000. Jadi untuk kamu yang akan apply untuk visa single entry total biaya yang diperlukan adalah Rp. 530.000.

Kabar baik bagi kamu yang memiliki e-pasport karena kamu tidak perlu apply visa Jepang setiap kali pergi ke Jepang. Kamu bisa registrasi visa waiver Jepang, dengan visa ini kamu dapat bebas mengunjungi Jepang selama belum expired. (3 tahun atau masa aktif e-pasport). Biaya registrasinya juga tergolong cukup murah hanya Rp.125.000 saja.
 

2. Biaya Tiket Pesawat PP Jepang

Photo By: Jalan - Jalan ke Jepang
 
Setelah memiliki visa, hal satu lagi yang diperlukan tentu saja tiket pesawat. Tiket pesawat ke Jepang memiliki biaya dengan kisaran yang berbeda-beda, agar mendapatkan harga yang murah kami sarankan untuk memilih tiket pesawat transit. Untuk kisaran biayanya setelah kami research ada di harga Rp. 2.300.000 sekali pergi dengan transit terlebih dahulu di Singapura.

Jangan lupa untuk mencari promo-promo yang tersedia karena ada beberapa yang menyediakan promo serta bonus tiket atraksi Jepang. Kami sarankan juga untuk memesan tiket dari jauh-jauh hari agar lebih murah. Jadi kesimpulannya, biaya tiket pesawat pulang pergi Jepang jika mendapatkan harga murah dan promo ada di sekitar Rp. 4.600.000.
 

3. Biaya Penginapan Jepang

Photo By: Booking.com

Jepang memiliki berbagai macam penginapan yang dapat kamu pilih. Kami sarankan untuk menyewa guest house karena harganya jauh lebih murah  daripada menginap di hotel. Kisaran harganya ada di Rp. 250.000 hingga Rp.800.000 dalam satu malam, tergantung dengan besar kamar dan fasilitas yang disediakan.

Jadi jika anda memilih guest house dengan biaya yang termurah, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp.1.750.000 jika kamu berencana menginap selama 7 hari di Jepang. Cek opsi penginapan murah lainnya hanya di japantrips.id
 

4. Biaya Makan Jepang

Photo By: Culinary Backstreet
 
Salah satu andalan dari Jepang adalah kulinernya, tidak sedikit turis yang pergi ke Jepang hanya karena ingin mencicipi hidangan khas Jepang. Untuk harga dari makanannya sendiri berbeda – beda tergantung dengan tempat dan kualitas bahan makanannya.

Jika ingin menghemat pengeluaran, kamu bisa memilih makanan yang ada di Restoran Udon dan Restoran Gyudon dengan kisaran harga Rp.30.000 hingga Rp.60.000 per porsinya.
 
Photo By: BBC
 
Agar tidak bosan kamu juga dapat mengunjungi minimarket (Family Mart, Lawson, Seven Eleven)  yang memiliki berbagai macam makanan ringan khas Jepang seperti onigiri dan roti dengan kisaran harga Rp.10.000 hingga Rp.30.000 per itemnya. Di sana juga ada Bento nasi didampingi oleh lauk yang berbeda-beda dengan kisaran harga Rp.30.000 hingga Rp.60.000.

Kesimpulannya jika kamu memilih makanan dengan harga termurah kamu hanya menghabiskan biaya sebesar Rp.30.000 x 3 = Rp.90.000 per harinya. Kamu bisa hitung sendiri sesuai dengan berapa lama kamu akan liburan di Jepang.
 

5. Biaya Transportasi Jepang

Photo By: JR Group
 
Terdapat banyak transportasi umum yang tersedia di Jepang dengan berbagai macam jenis dan harga yang ditawarkan tergantung dengan tujuan yang akan kamu pilih. Jika kamu berniat untuk berpergian ke beberapa wilayah di Jepang kami sarankan untuk membeli JR Pass sehingga kamu bisa berpergian secara bebas selama 7/14/21 hari dalam sekali bayar.

Dikarenakan harga JR Pass naik pada 1 oktober 2023, biaya yang harus kamu bayar untuk membeli JR Pass sebesar Rp.7.263.000 (dewasa) dan Rp. 3.632.000 (anak) untuk yang 7 hari.
 
Photo By: Tokyo Park
 
Jika ingin berhemat, kami sarankan untuk menghabiskan waktu di satu kota yang berdekatan agar biaya transportasi yang kamu keluarkan tidak terlalu besar. Misalnya jika kamu memilih untuk tinggal di kota Tokyo saja, kamu hanya perlu membeli Tokyo Subway Metro Pass yang bisa mencangkup ke 13 rute dan lebih dari 250 halte metro dengan harga Rp.89.000/24 jam. Kamu bisa menggunakan Bis jika ingin pergi dari Tokyo ke Osaka dengan biaya Rp. 579.000.
 

6. Biaya Tempat Wisata Jepang

Photo By:Japan Wonder Travel Blog
 
Jangan bingung untuk memilih tempat wisata mana yang akan kamu kunjungi di Jepang karena ada berbagai tempat yang bisa di kunjungi secara gratis ataupun berbayar. Untuk kamu yang akan menghabiskan waktu di kota Tokyo, ada taman Yoyogi Park dan kuil meiji yang dapat kamu kunjungi secara gratis.  
 
Photo by: Fun Japan

Jika kamu ingin merasakan Taman Hiburan di Tokyo yang murah, kamu bisa mengunjungi Sanrio Puroland Tokyo.  Taman hiburan ini dikelola oleh perusahaan Sanrio, dan menyelenggarakan berbagai musikal, restoran, atraksi, dan wahana wisata dengan menggunakan karakter populer seperti Hello Kitty. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp.309.000 (dewasa) dan Rp.259.000 (anak).

Perlu di catat, kamu tetap harus menghitung sendiri biaya liburan kamu sesuai dengan tujuan tempat wisata yang akan di kujungi. Jangan lupa untuk membeli seluruh kebutuhanmu selama liburan di Jepang hanya di japantrips.id.


Penulis: Fatahilah As-syahid Rijwan
Back to blog