Rangkaian Festival Musim Panas Jepang 2024 di Tokyo, Ada Hanabi Matsuri hingga Obon

Musim panas di Jepang tentunya identik dengan berbagai macam jenis festival (matsuri), dimulai dari festival kembang api (hanabi matsuri) hingga festival tarian tradisional bon odori (obon). Umumnya, berbagai festival ini akan dimulai pada minggu pertama di bulan Juli di mana musim panas mulai terasa menyengat di Jepang, khususnya di sekitar Tokyo.

Berikut ini Japantrips berikan daftar berbagai festival musim panas Jepang yang kemeriahannya bisa dinikmati selama musim panas berlangsung di Tokyo.

1. Mitama Matsuri

Mitama Matsuri merupakan festival obon yang rutin diselenggarakan oleh Kuil Yasukuni. Festival satu ini disebut-sebut merupakan festival obon paling besar yang ada di Tokyo dengan keberadaan 30.000 lenteranya: 10.000 lentera yang berukuran besar menerangi jalan menuju kuil, sementara 20.000 lentera berukuran lebih kecil dipasang di bagian dalam kuil.

Di tahun 2024 ini, Mitama Matsuri akan diselenggarakan pada tanggal 13 hingga 16 Juli pada pukul 18.00 sore setempat di Kuil Yasukuni, dekat Stasiun Kudanshita, Chiyoda, Tokyo.

2. Festival Jiyugaoka Noryo Bon Odori

Sesuai dengan namanya, Jiyugaoka Noryo Bon Odori Festival akan diselenggarakan di sebuah lapangan umum yang berada dekat dengan Stasiun Jiyugaoka. Festival ini nantinya akan menampilkan tarian tradisional bon odori yang diiringi oleh lagu klasik Tokyo Ondo, serta penampilan dari beberapa artis kontemporer.

Jiyugaoka Noryo Bon Odori Festival di tahun 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 13 hingga 15 Juli.

3. Festival Zojoji Bon Odori

Festival yang diselenggarakan oleh Kuil Zojoji di Shibakoen, Minato, Tokyo ini melibatkan kerumunan pengunjung yang mengelilingi menara Yagura dengan diiringi oleh irama drum taiko yang memandu langkah mereka dalam tarian bon odori.

Festival Zojoji Bon Odori akan diselenggarakan pada tanggal 19 hingga 20 Juli. Umumnya, keramaian baru akan terjadi pada pukul 18.00 sore hingga malam hari.

4. Festival Kembang Api Adachi

Festival Kembang Api Adachi akan diselenggarakan di sepanjang Sungai Arakawa. Pengunjung dapat menikmati kembang api dari dua sisi, yakni dari sisi Nishiarai atau dari sisi Senju di antara jembatan Nishiarai dan jembatan Senjushin. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati festival di beberapa taman yang berada di sepanjang sungai.

Nantinya, akan ada sebanyak 13.000 kembang api yang diluncurkan dalam festival ini di tanggal 20 Juli. Meskipun merupakan festival gratis, pihak penyelenggara tetap menyediakan kursi berbayar yang dapat dibeli melalui website resminya di sini.

5. Daibon

Daibon merupakan sebuah festival obon yang dibuat lebih modern dengan mendatangkan DJ dan beberapa artis kontemporer. Festival yang merupakan acara tahunan dari Kuil Hachiman yang berada di Yamatocho, Nakano, Tokyo ini akan diselenggarakan pada tanggal 20 Juli.

6. Kagurazaka Matsuri

Kagurazaka Matsuri di tahun 2024 ini bertepatan dengan perayaannya yang ke-50 tahun, sehingga tak heran apabila festival satu ini akan menjadi lebih meriah dari biasanya. Kagurazaka Matsuri akan berlangsung dari tanggal 24 hingga 27 Juli di wilayah Kagurazaka, Shinjuku, Tokyo.

Acara puncak dari festival ini akan berlangsung di tanggal 26 Juli dengan adanya prosesi tarian Awa Odori. Kemudian, dilanjutkan keesokan harinya dengan prosesi tarian Awa Odori khusus anak-anak pada tanggal 27 Juli.

7. Festival Kembang Api Sungai Sumida

Festival Kembang Api Sungai Sumida yang merupakan salah satu festival kembang api terbesar dan tertua di Jepang akan diselenggarakan pada tanggal 27 Juli. Festival ini akan dimulai pada pukul 19.00 malam setempat dengan peluncuran sekitar 20.000 kembang api ke langit.

Pengunjung dapat menikmati keindahan kembang api di sepanjang Sungai Sumida, di antara Jembatan Sakurabashi dan Jembatan Umaya di sekitar Stasiun Asakusa.

8. Festival Kembang Api Itabashi

Festival Kembang Api Itabashi akan meluncurkan setidaknya 13.000 kembang api selama 90 menit di seberang Sungai Arakawa. Pertunjukkan yang paling menarik dari festival ini adalah sebuah “rantai” kembang api yang meledak secara memanjang sepanjang 700 meter. Khusus di tahun 2024 ini juga, akan ada pertunjukkan kembang api bertemakan Pokémon.

Festival satu ini akan diselenggarakan pada tanggal 3 Agustus.

9. Festival Bunga Matahari Kiyose

Sesuai dengan namanya, Festival Bunga Matahari Kiyose diselenggarakan di Shimokiyoto, Kiyose, Tokyo. Sebanyak 100.000 bunga matahari yang ada dalam festival satu ini terdapat di sepanjang jalur kereta Ikebukuro.

Ladang bunga matahari yang digunakan di festival ini memiliki ukuran 24.000 meter persegi dan biasa digunakan ketika musim panas oleh petani lokal untuk menanam bunga matahari sebagai pupuk alami untuk hasil pertanian. Bunga matahari di sini dapat dinikmati keindahannya pada tanggal 6 hingga 13 Agustus.

10. Festival Kembang Api Edogawa

Festival Kembang Api Edogawa akan menampilkan pertunjukkan 14.000 kembang api dengan tema yang berbeda-beda di setiap menitnya. Festival satu ini akan diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus di tepi Sungai Edogawa, dekat Taman Shinozaki, pada pukul 19.15 hingga 20.20 malam setempat.

11. Festival Musim Panas di Museum Arsitektur Terbuka Edo-Tokyo

Museum Arsitektur Terbuka Edo-Tokyo akan buka hingga pukul 20.30 malam selama dua hari di tanggal 3 dan 4 Agustus. Selama dua hari itu, pengunjung bisa merasakan suasana festival musim panas bergaya Showa di sini.

Detail lebih lanjut mengenai festival tahun ini belum dirilis. Meskipun begitu, apabila melihat gelaran festival tahun lalu, kemungkinan akan ada banyak booth yang menjual makanan dan minuman, bunga, barang-barang retro, hingga berbagai booth permainan.

12. Festival Nakano Bon Odori

Salah satu festival obon terbesar di Tokyo akan diselenggarakan tepat di luar Stasiun Nakano, Nakano, Tokyo. Berbeda dari festival obon pada umumnya yang biasanya dimulai di sore hingga malam hari, Festival Nakano Bon Odori ini akan dimulai pada pukul 10.00 pagi setempat.

Atraksi utama dari festival ini baru akan dimulai pada pukul 16.00 sore, menampilkan bintang tamu dan DJ yang memainkan lagu-lagu J-pop. Festival Nakano Bon Odori akan berlangsung pada tanggal 3 dan 4 Agustus.

13. Festival Musim Panas Nakameguro

Festival Musim Panas Nakameguro akan diisi oleh pertunjukan tari Awa Odori dan Yosakoi yang meriah selama akhir pekan pada tanggal 3 dan 4 Agustus di kota kecil Nakameguro, Tokyo. 

Pada tanggal 3 Agustus, akan ada sekitar 700 penari dari 21 kelompok tari Awa Odori melakukan parade di jalanan. Kemudian pada tanggal 4 Agustus, berkumpul sekitar 600 penari Yosakoi dari 29 kelompok. Festival ini akan dimulai pada pukul 17.30 hingga 20.30 di dua hari tersebut.

14. Festival Kembang Api Jingu Gaien

Wilayah Harajuku dan Aoyama akan dipadati keramaian selama Festival Kembang Api Jingu Gaien berlangsung pada tanggal 10 Agustus. Festival Kembang Api Jingu Gaien ini adalah salah satu festival musim panas terbaik di Tokyo. Akan ada sekitar 10.000 kembang api yang diluncurkan di festival ini.

Tempat terbaik untuk menikmati festival ini adalah di selatan Stasiun Sendagaya atau di Stadion Meiji Jingu dan Stadion Rugby Chichibunomiya. Pertunjukan kembang api akan berlangsung selama satu jam dari pukul 19.30 hingga 20.30 malam setempat.

Back to blog