Informasi Lengkap Sapporo Festival 2024!



Menjelang Festival Sapporo 2024, antusiasmei semakin meningkat terhadap perayaan budaya dan kreativitas musim dingin yang tak terlupakan. Baik untuk kamu yang  tertarik dengan pahatan salju yang menakjubkan, suasana meriah, atau beragam aktivitas, Festival Sapporo menjanjikan pengalaman yang tiada duanya. 

Maka dari itu, segera rencanakan kunjunganmu ke negeri sakura di musim dingin Hokkaido dan rasakan keajaiban Festival Sapporo! Simak infromasi lengkapnya dibawah ini!
 

Tentang Sapporo Festival

Pada tahun 1950, dimulai dengan pameran enam patung salju buatan siswa SMP dan SMA setempat, Festival Salju Sapporo telah berkembang menjadi acara musim dingin terbesar di Sapporo. Festival ini menarik lebih dari dua juta pengunjung setiap tahunnya, baik dari dalam maupun luar Jepang.

Saat ini Sapporo Festival sudah memasuki tahun ke-74 nya. Terkenal dengan pahatan salju yang menakjubkan, acara yang dinamis, dan suasana semarak.. Dengan kekayaan warisan budaya dan beragam aktivitasnya, Festival Sapporo ini wajib kamu kunjungi, terutama bagi para penggemar musim dingin dan penjelajah budaya.
 

Waktu yang Tepat untuk Mengunjungi Sapporo

Waktu ideal untuk merasakan keajaiban Festival Sapporo adalah selama bulan-bulan musim dingin, biasanya dari akhir Januari hingga awal Februari. Periode ini bertepatan dengan puncak hujan salju di Hokkaido sehingga dipastikan banyak salju yang tersedia untuk patung dan aktivitas ikonik festival tersebut. 

Pada tahun 2024, Sapporo Festival diadakan selama 8 hari, dimulai pada tanggal 4 Februari sampai dengan 11 Februari 2024. Selama 8 hari tersebut, kamu dapat menikmati suasana negeri ajaib musim dingin dan ikut serta dalam banyak acara dan atraksi.
 

Daftar Situs Sapporo Festival

Festival Sapporo berlangsung selama beberapa hari dan menawarkan banyak kesempatan untuk menyelami kemeriahannya. Festival ini diselenggarakan di berbagai lokasi, masing-masing menawarkan atraksi dan pengalaman uniknya sendiri. Tiga situs utama meliputi:
 

Situs Odori



Taman Odori menjadi tempat utama acara ini, dengan patung salju berbagai ukuran menghiasi area seluas 1,5 kilometer, dari 1 hingga 12 chome. Patung-patung tersebut juga dinyalakan dari matahari terbenam hingga pukul 22.00, menciptakan suasana yang magis di malam hari.

 Festival ini menampilkan patung salju megah yang dibuat oleh seniman lokal dan tim internasional. Kamu dapat mengagumi pahatan es yang diukir dengan rumit dan menikmati berbagai hiburan dan kedai makanan di tengah pemandangan indah Taman Odori.
 

Situs Susukino



Susukino merupakan kawasan hiburan Sapporo yang berubah menjadi pusat aktivitas yang ramai selama festival. Di sini, kamu dapat menjelajahi bar es, mengagumi pahatan es yang diterangi cahaya, dan menikmati masakan lokal yang lezat. Situs Susukino menawarkan kehidupan malam yang semarak dan merupakan hotspot untuk perayaan malam.
 

Situs Tsudome



Situs Tsudome adalah tempat di mana anak-anak dan orang dewasa dapat bermain bebas dengan berbagai atraksi, termasuk seluncuran tabung besar, rakit salju, dan berbagai permainan lainnya. Situs Tsudome melayani keluarga dan pencari petualangan dengan serangkaian aktivitas dan atraksi interaktif. Mulai dari snow tubing dan naik kereta luncur hingga pameran dan lokakarya dalam ruangan, selalu ada sesuatu untuk semua orang di Tsudome. Situs ini menyediakan hari yang menyenangkan bagi pengunjung dari segala usia.
 

Apa yang Ada di Sapporo Festival?



Festival Sapporo menghadirkan serangkaian acara dan aktivitas menarik, memastikan pengunjung tidak pernah merasa bosan. Beberapa sorotan meliputi:
 

Kontes Patung Salju Internasional

Salah satu atraksi utama festival ini adalah Kontes Patung Salju Internasional, di mana tim dari seluruh dunia bersaing untuk membuat patung salju yang menakjubkan. Karya seni yang menakjubkan ada mulai dari desain yang rumit hingga kreasi yang lebih besar dari aslinya. Kontes ini menyediakan wadah untukmenampilkan bakat dan kreativitas seniman yang berpartisipasi.
 

Produksi Patung Salju Warga Sapporo

Selain kompetisi internasional, festival ini juga menampilkan patung salju yang dibuat oleh penduduk lokal Sapporo. Aspek berbasis komunitas dalam acara ini menambah sentuhan unik untuk merayakan warisan budaya kota. Disini, kamu dapat menyaksikan keterampilan dan dedikasi seniman lokal saat mereka menghidupkan patung salju mereka.
 

Akses Menuju Sapporo



Untuk mencapai Sapporo, ibu kota Prefektur Hokkaido di Jepang, kamu dapat menggunakan berbagai moda transportasi. Opsi-opsi yang tersedia termasuk penerbangan ke Bandara New Chitose, kereta dari kota-kota di Hokkaido atau melalui Shinkansen dari Tokyo ke Hakodate dan melanjutkan perjalanan dengan kereta konvensional atau feri. 

Jika kamu memilih untuk menggunakan transportasi kereta, kamu dapat memilih rute berikut:
  1. JR Sapporo - Noborisetsu: JR Pass  untuk area Sapporo - Noborisetsu selama 4 hari seharga Rp 955.000 untuk dewasa dan Rp 478.000 untuk anak (harga dapat berubah menyesuaikan kurs yen)
  2. JR Sapporo-Furano: JR Pass untuk area Sapporo - Furano selama 4 hari dengan harga hanya Rp 1.061.000 untuk dewasa dan Rp 531.000 untuk anak (harga dapat berubah sesuai dengan kurs yen)
Alternatif lainnya adalah bus ekspres ataupun bus wisata dari berbagai kota dan perjalanan dengan mobil atau kapal feri dari Honshu ke Hokkaido. Pastikan kamu selalu memeriksa jadwal dan opsi transportasi terkini sebelum melakukan perjalanan.
Back to blog