Hakone Akan Memeriahkan Rangkaian Festival Musim Panas di Jepang Selama Seminggu Penuh

Festival tahunan di Hakone yang bernama Lake Ashi Summer Festival Week akan kembali diselenggarakan pada tanggal 31 Juli hingga 5 Agustus 2024. Nantinya festival kembang api satu ini dilaksanakan bersamaan dengan Reitaisai (festival besar) Kuil Hakone sehingga kemeriahannya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Selama satu minggu tersebut, tentunya pertunjukkan kembang api yang ditampilkan pun akan berbeda setiap harinya. Berikut ini Japantrips berikan rincian acara Lake Ashi Summer Festival Week 2024.

Kosui Matsuri Fireworks Festival (31 Juli)

Pada tanggal 31 Juli, sebanyak 5000 kembang api akan diluncurkan ke langit pada pukul 20.00 malam setempat, berlokasi di sekitar dermaga Motohakone-ko. Festival hari ini diselenggarakan untuk memuja dewa penjaga danau, Kuzuryu Myojin.

1267 Taisai Hoshuku Fireworks Festival (1 Agustus)

Tanggal 1 Agustus bertepatan dengan hari jadi Kuil Hakone yang ke-1267 tahun. Di hari ini, akan ada 2500 kembang api yang diluncurkan pada pukul, sama seperti tanggal 31 Juli, 20.00 malam setempat  di dermaga Motohakone-ko.

Hakone-en Summer Night Festival (2 & 3 Agustus)

Festival akan berpindah tempat ke taman Hakone-en untuk rangkaian acara di tanggal 2 dan 3 Agustus. Di masing-masing hari akan ada sebanyak 2500 kembang api yang diluncurkan pada pukul 20.00 malam setempat.

Di hari ini, pengunjung dapat menyampaikan ucapan selamat ataupun pesan yang akan dibacakan selama pertunjukan kembang api berlangsung. Selain itu, akan ada juga berbagai kedai makanan yang menjual jajanan pinggir jalan.

Kojiri Ryujin Festival Fireworks (4 Agustus)

Berpindah ke lokasi lain, sebanyak 2500 kembang api akan diluncurkan dari Kojiri Bay (Togendai) pada pukul 20.00 malam setempat.

Torii-yaki Festival Fireworks (5 Agustus)

Rangkaian acara Lake Ashi Summer Festival Week akan berakhir pada tanggal 5 Agustus di Motohakone-ko. Puncak dari Lake Ashi Summer Festival Week akan diselenggarakan dengan sangat meriah pada hari ini.

Pertunjukkan menarik di hari ini adalah dua gerbang torii setinggi enam meter yang akan didirikan di danau untuk kemudian dibakar; sebuah tradisi lama yang didedikasikan untuk dewa naga. Ritual ini akan ditemani oleh dengan ledakan 3500 kembang api berwarna-warni yang berlangsung di atasnya.

Fireworks Cruise

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana festival dengan lebih dekat dapat menaiki Fireworks Cruise; sebuah kapal layar berkapasitas 450 orang yang akan beroperasi pada tanggal 31 Juli hingga 5 Agustus (selama festival berlangsung) di Danau Ashi.

Dengan menaiki kapal layar ini, pengunjung dapat menyaksikan pertunjukkan kembang api yang diluncurkan di atas Danau Ashi dengan lebih dekat dari dek dan kabin kapal.

Berikut ini adalah rincian harga tiket menaiki Fireworks Cruise di Danau Ashi:

Tiket Dewasa

Pada tanggal 31 Juli: ¥3500 (sekitar Rp356.197)
Pada tanggal 1-5 Agustus: ¥3100 (sekitar Rp315.489)

Tiket Anak-Anak

Pada tanggal 31 Juli: ¥880 (sekitar Rp89.559)
Pada tanggal 1-5 Agustus: ¥780 (sekitar Rp79.381).

Pembelian tiket Fireworks Cruise dapat dilakukan melalui website resminya di sini.

Back to blog