Gion Odori Festival 2023: Sensasi Menikmati Tarian Geisha di Kyoto

Apa itu Gion Odori


Gion Odori

Gion Odori Festival adalah festival tarian geisha yang diadakan setiap tahun di Kyoto, Jepang. Festival ini berlangsung selama 10 hari, mulai dari 1 hingga 10 November 2023. Gion Odori Festival merupakan salah satu acara wisata paling populer di Kyoto, dan selalu dibanjiri oleh wisatawan dari seluruh dunia.

Tiket Gion Odori Festival 2023
 
Tiket Gion Odori Festival
 
Tiket Gion Odori Festival 2023 dapat dibeli secara online atau offline. Tiket online dapat dibeli melalui situs web resmi Gion Odori Festival atau situs web agen perjalanan. Tiket offline dapat dibeli di Gion Kaikan, atau tempat diadakannya festival.
 
gion Kaikan
Harga tiket Gion Odori Festival 2023 dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas pertama dan kelas kedua. Tiket kelas pertama seharga 5.000 yen, sedangkan tiket kelas kedua seharga 3.500 yen. waktu tirai dibuka atau waktu mulai pertunjukan jam 13:30 dan 16:00 (ada dua pertunjukan per hari). pintu Gion Kaikan dibuka 40 menit sebelum tirai dibuka atau pertunjukkan dibuka.

Review Gion Odori Festival
Gion Odori Festival adalah pengalaman yang tak terlupakan untuk siapa saja yang pernah menontonnya. Tarian-tarian geisha yang ditampilkan sangat indah dan elegan, dengan kostum dan musik yang memukau.

Selain tarian geisha, Gion Odori Festival juga menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya tradisional Jepang lainnya, seperti tarian Kabuki, tarian Noh, dan musik Shamisen. 
 
Tarian Kabuki

Kabuki adalah bentuk seni pertunjukan tradisional Jepang yang menggabungkan drama, musik, dan tarian. Tarian Kabuki biasanya menampilkan cerita-cerita tentang para pahlawan, samurai, dan kisah cinta. Cerita-cerita ini diceritakan melalui dialog, nyanyian, dan tarian yang dinamis dan ekspresif.

Penari Kabuki menggunakan kostum yang rumit dan berwarna-warni, dan juga menggunakan tata rias wajah yang mencolok. Tata rias wajah ini digunakan untuk mengekspresikan berbagai emosi, seperti kegembiraan, kesedihan, dan kemarahan.
 
Tarian Noh
 
Tarian Noh adalah bentuk seni pertunjukan tradisional Jepang yang menggabungkan drama, musik, dan tarian. Tarian Noh biasanya menampilkan cerita-cerita tentang para pahlawan, dewa-dewa, dan hantu-hantu. Cerita-cerita ini diceritakan melalui dialog, nyanyian, dan tarian. 

Penari Noh menggunakan kostum yang rumit dan berwarna-warni, dan juga topeng yang menutupi seluruh wajah mereka. Topeng ini dipakai untuk mengekspresikan berbagai emosi, seperti kegembiraan, kesedihan, dan kemarahan.
 
musik shamisen

Shamisen adalah alat musik tradisional Jepang yang memiliki tiga senar. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik menggunakan sejenis pick yang disebut bachi. Musik Shamisen sering digunakan dalam berbagai genre musik tradisional Jepang, seperti Kabuki, Noh, dan Minyo. Dalam Kabuki, Shamisen digunakan untuk mengiringi tarian, lagu, dan dialog. sedangkan dalam Noh, Shamisen digunakan untuk mengiringi tarian, lagu, dan dialog. dan dalam Minyo, Shamisen digunakan untuk mengiringi lagu-lagu rakyat.

Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Kyoto pada bulan November, jangan lupa untuk menonton Gion Odori Festival. Ini adalah kesempatan langka untuk menyaksikan keindahan dan keanggunan budaya Jepang tradisional.


Rekomendasi untuk menonton Gion Odori Festival

  • Kamu harus pesan tiket  jauh-jauh hari, terutama jika kamu ingin menonton pertunjukan di kelas pertama.
  • Datang lebih awal untuk mendapatkan tempat duduk yang bagus.
  • Pakailah pakaian yang sopan dan rapi, sesuai dengan budaya Jepang.
  • Nikmati pertunjukan dengan penuh rasa hormat.
photo by: The Japan News, Veltra, Wikimedia Commons, Travel Kompas, Hellowork
Back to blog