Menjelajahi Keunikan dari Studio Ghibli Museum

Ghibli Museum

Studio Ghibli Museum adalah destinasi yang penuh degan pesona bagi para penggemar seni animasi Ghibli. Museum ini terletak di Mitaka, Tokyo, Museum Ghibli bukan hanya sekedar tempat untuk mengagumi karya-karya indah dari Studio Ghibli, tetapi juga merupakan pengalaman magis yang akan membawa pengunjung masuk ke dalam dunia imaginatif yang penuh keajaiban.

Artikel ini akan membahas mengenai studio ghibli secara lengkap dan memberikan tips-tips penting untuk kamu yang akan atau sedang merencanakan kunjungan ke tempat ini agar kamu tidak mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan dan dapat menikmati kunjungan dengan lebih memuaskan.
 

Studio Ghibli Museum

Ghibli Museum

Sejak dibuka pada tahun 2001, Studio Ghibli Museum telah menjadi tujuan wisata yang populer bagi kalangan penggemar film animasi, khususnya animasi Ghibli. Museum ini dibangun di tengah-tengah taman hijau Inokashira, museum Ghibli dirancang oleh Hayao Miyazaki yang merupakan pendiri Studio Ghibli, untuk memberikan pengalaman yang unik dan tak terlupakan. Desain bangunan museum ini sendiri mencerminkan keajaiban yang ada dalam film-film animasi dari Studio Ghibli.

Museum ini tidak hanya merupakan tempat untuk mengekspresikan cinta terhadap seni animasi, tetapi juga untuk merayakan keunikan setiap karya yang dihasilkan oleh Studio Ghibli. Di museum ini, pengunjung dapat merasakan nuansa magis yang menyelubungi setiap sudut ruangan, dari pintu masuk yang dihiasi dengan patung Totoro hingga ruang pameran yang menampilkan artefak dari berbagai film seperti "My Neighbor Totoro", "Spirited Away", dan "Howl's Moving Castle".
 

Pameran di Ghibli Museum

Ghibli Museum

Ghibli Museum menawarkan dua jenis pameran untuk dinikmati bagi para pengunjungnya, yaitu pameran permanen dan sementara.Kedua pameran tersebut akan memberikan wawasan mendalam tentang proses kreatif di balik pembuatan film animasi untuk kamu. Hanya saja, pameran sementara dibuat untuk tujuan agar pengunjung dapat terus mendapat pengalaman yang segar dan baru ketika berkunjung ke Museum Ghibli. Berikut merupakan penjelasan lebih lengkap mengenai kedua pameran tersebut:
 

Pameran permanen

Pameran permanen di Studio Ghibli Museum menyajikan koleksi yang menarik dari berbagai film. Pengunjung dapat melihat maket miniatur dari setiap film yang memberikan wawasan tentang dunia yang diciptakan oleh Studio Ghibli. Setiap detail dari arsitektur rumah hingga karakter-karakter kecil dirancang dengan presisi tinggi untuk  menciptakan suasana yang ajaib.

Salah satu space dari pameran permanen yang paling menonjol adalah "Where a Film is Born," yang menggambarkan proses penciptaan film tersebut dari awal hingga akhir. Dengan diorama yang indah dan penjelasan rinci, pengunjung dapat melihat bagaimana ide-ide kreatif berkembang menjadi karya seni yang luar biasa.

Space dari pameran permanen lainnya, seperti "The World of Ghibli," mengajak pengunjung untuk merenung tentang nilai dan makna dalam setiap karya  seni animasi yang telah diciptakan. Pemandangan yang disajikan menggambarkan keindahan alam, kehidupan sehari-hari, dan keajaiban fantasi yang menjadi ciri khas dari film-film Ghibli.
 

Pameran sementara

Pameran sementara di Ghibli Museum memberikan pengunjung kesempatan untuk melihat lebih dekat beberapa aspek produksi film. Setiap pameran sementara memiliki tema tertentu dan dapat berubah dari waktu ke waktu sehingga dapat menawarkan variasi yang menarik untuk pengunjung yang ingin kembali berkunjung.

Salah satu contoh pameran sementara yang menarik adalah "The Art of Spirited Away," di mana pengunjung dapat melihat konsep seni awal, sketsa karakter, dan proses animasi dari film klasik tersebut. Pameran seperti ini tidak hanya memberikan apresiasi terhadap seni visual, tetapi juga memperluas pemahaman bagi pengunjung tentang  bagaimana kerja keras dan dedikasi para seniman di balik layar.

Pameran sementara lainnya dapat berfokus pada aspek teknis produksi, seperti pengembangan karakter, pembuatan storyboard, dan teknik animasi yang digunakan dalam film-film Ghibli. Pengunjung dapat merasakan betapa detail dan seriusnya studio ini dalam setiap tahap pembuatan film animasi dari Studio Ghibli.
 

Tips Mengunjungi Ghibli Museum

Ghibli Museum

Mengunjungi tempat wisata yang menjadi tujuan favorit bagi banyak orang tentunya merupakan suatu tantangan. Agar kamu tidak mengalami kekecewaan dan hal yang tidak diinginkan lainnya, kami akan memberikan beberapa tips untuk kamu sebelum merencanakan perjalanan wisata ke Ghibli Museum, diantaranya adalah:
 

Mencari informasi

Sebelum mengunjungi Studio Ghibli Museum, penting bagi kamu untuk mencari informasi terkini tentang jadwal operasional, pameran sementara, dan acara khusus yang mungkin berlangsung. Situs resmi museum dan sumber informasi terpercaya lainnya dapat menjadi panduan yang berguna untuk merencanakan kunjungan dengan baik.
 

Membeli tiket

Tiket masuk untuk Ghibli Museum harus kamu beli sebelumnya, dan kamu dapat memesan melalui situs web resmi atau agen tiket yang telah terpercaya. Ketersediaan tiket seringkali terbatas, terutama pada musim liburan, jadi kamu perlu untuk memesan tiket dengan estimasi waktu yang tepar.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan aturan dan ketentuan terkait dengan penggunaan tiket, termasuk kebijakan pembatalan dan pengembalian dana. Mengetahui prosedur ini dapat membantu kamu menghindari masalah yang mungkin timbul jika rencana berubah atau ada kendala yang tak terduga.
 

Memperhatikan aturan dan etika pengunjung

Studio Ghibli Museum memiliki aturan dan etika pengunjung yang harus kamu ikuti. Hal ini termasuk larangan penggunaan kamera di dalam beberapa ruangan dan pantangan merokok di seluruh area museum. Dengan mematuhi aturan ini tidak hanya akan menciptakan lingkungan yang nyaman untuk pengunjung lain, tetapi juga menjaga keaslian dan keamanan artefak di dalam museum.

Selain itu, pengunjung juga akan diharapkan untuk menghormati petugas museum dan mengikuti petunjuk yang diberikan. Kesadaran terhadap aturan dan etika ini akan meningkatkan pengalaman berkunjung dan menjaga reputasi museum sebagai tempat yang ramah dan aman.
 

Memilih souvenir yang berkesan

Sebagian besar pengunjung tidak ingin pulang dengan tangan kosong setelah mengunjungi Studio Ghibli Museum. Toko suvenir di museum ini menyediakan berbagai barang unik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Dari boneka karakter hingga reproduksi seni asli, pengunjung dapat memilih suvenir yang mengingatkan mereka pada pengalaman magis di dalam museum.

Penting untuk tidak hanya memilih souvenir berdasarkan popularitas karakter, tetapi juga mempertimbangkan nilai artistik dan kesan pribadi. Banyak pengunjung memilih untuk membawa pulang bukan hanya kenang-kenangan fisik, tetapi juga kenangan abadi dari perjalanan mereka ke dunia Studio Ghibli.
 

Menjelajahi setiap sisi ghibli museum

Saat mengunjungi Studio Ghibli Museum kami menyarankan untuk kamu dapat menjelajahi setiap sisi dan sudut museum. Beberapa area mungkin terlihat sederhana pada pandangan pertama, tetapi menyimpan kejutan dan keunikan tersendiri. Dari taman luar hingga lorong-lorong kecil, setiap bagian dari museum ini dirancang untuk menginspirasi dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Menghabiskan waktu di taman yang indah atau mengeksplorasi setiap lantai museum dapat membuka mata Anda terhadap detail-detail menarik yang mungkin terlewatkan jika hanya melewati dengan hanya sekilas saja. Beberapa pengunjung bahkan mengatakan bahwa setiap sudut di Studio Ghibli Museum seperti sebuah karya seni yang hidup, dan menunggu untuk ditemukan.
Back to blog