5 Rekomendasi Tempat Merayakan Halloween yang Meriah di Jepang

Halloween menjadi salah satu event tahunan yang paling ditunggu-tunggu di Jepang. Sama seperti di Negara lain puncak kemeriahan Halloween jatuh pada tanggal 31, Oktober.

Namun, biasanya masyarakat Jepang sudah mempersiapkannya sejak pertengahan September. Dilansir pada Jrailpass, di Jepang Halloween pertama kali diadakan pada tahun 2000 ketika Tokyo Disneyland menyelenggarakan acara tersebut untuk pertama kalinya.

Tak disangka, event itu sangat besar dan mencuri banyak perhatian sehingga masyarakat Jepang menyukainya dan membuat banyak event hallowen di berbagai penjuru Jepang.

Halloween di Jepang bukan sekedar tiruan dari versi Amerika. Pertama, tidak ada 'tricks or treats'. Kedua, masyarakat tidak peduli dengan sebagian besar tradisi Halloween di tempat lain. Sebaliknya, orang Jepang lebih suka mengekspresikan hal-hal kreatif pada hari Halloween seperti pesta kostum atau cosplay.

Berikut adalah beberapa tempat yang bisa Anda jadikan referensi untuk merayakan Halloween di Jepang antara lain:
 

1. Kawasaki

 
Kota Kawasaki yang terletak di Prefektur Kanagawa ini memiliki sejarah akan perayaan Halloween. Acara Halloween telah dilaksanakan tahunan sejak akhir tahun 2000an. Pada tahun 2018, tercatat ada lebih dari 100.000 orang berkumpul untuk menonton acara Halloween di Kawasaki.
 
Parade Halloween diadakan pada Hari Minggu terakhir bulan Oktober, acara ini berlangsung di sekitar Stasiun Kawasaki dan kawasan perbelanjaan La Cittadella. Menariknya, para peserta memiliki kesempatan untuk mendapat hadiah sebesar ¥500,000
 

 
Tak hanya Parade, ada berbagai macam hal yang anda bisa nikmati di Kawasaki seperti film horor, lukisan wajah, peragaan busana Halloween keluarga, hingga atraksi rumah goyang.

Solusi liburan ke Jepang hanya di Japantrips.id 

 

2. Shibuya

 
Acara Halloween di Shibuya tidak diadakan oleh penyelenggara event resmi. Namun, tempat ini sudah populer dan menjadi tradisi di mana orang – orang berkumpul dan memamerkan kostum atau cosplay selama Halloween.
 
Banyak masyarakat Jepang yang berantusias untuk datang kesana sekedar melihat orang-orang memakai kostum yang unik. Tercatat pada tahun 2016, ada lebih dari 300.000 orang yang mengunjungi Shibuya untuk mengikuti perayaan Halloween.
 
 
Jika anda belum memiliki kostum untuk dikenakan, disana ada toko yang menyediakan kostum Halloween yang sesuai dengan musim yang berlaku sehingga anda tidak perlu bingung untuk memilih kostum yang cocok.

Tips mudah liburan ke Jepang hanya di japantrips.id

 

3. Ikebukuro

  
 
Perayaan Halloween di Ikebukuro memiliki ciri khas yang unik dari tempat lainnya. Sebagian besar yang mengikuti acara ini kebih memilih untuk bercosplay sebagai karakter dari manga dan anime dibandingkan mengenakan kostum bertema Halloween.

Di Ikebukuro terdapat acara Halloween Cosplay yang telah di laksanakan sejak tahun 2014. Terdapat lebih dari 20.000 cosplayer berpartisipasi setiap tahun yang membuatnya menjadi acara terbesar di wilayah timur Ikebukuro.

 

 
 Anda dapat mendatangi acara ini secara gratis, akan tetapi anda perlu tiket khusus jika ingin mengenakan cosplay serta berfoto. Terdapat penawaran tiket fotografer dan Cosplay yang ditawarkan tiap tahunnya.

Bagaimana cara liburan ke Jepang Tokyo? (Klik disini)


4. Sanrio Puroland (Taman hiburan Hello Kitty di Tokyo)


 
Sanrio Puroland merupakan taman hiburan yang berlokasi di Kota Tama. Taman hiburan ini bertemakan tokoh kartun Jepang yang di adaptasikan ke dunia nyata.

Pada Halloween tahun ini, Karakter Sanrio yang biasa kita kenal di kartun Hello Kitty menjadi tuan rumah perayaan Halloween di Sanro Puroland. Anda dapat menyaksikan parade Halloween ini dari balkon lantai satu dan lantai dua di Desa Puro.

 
Foto: TDR Explorer

 
Tak hanya parade Halloween, Sanrio Puroland menyajikan makanan dan minuman dengan tema Halloween Hello Kitty yang dapat anda santapi di food court yang tersedia.

Cuman disini liburan ke Jepang dengan mudah!

 

5. Disneyland dan Disneysea

Perayaan Halloween tokyo disneyland dan disneysea akan berlangsung kembali pada 15 September hingga 31 Oktober.
Dekorasi Halloween, pertunjukan, serta merchandise akan tersedia setiap hari sepanjang event berlangsung. Uniknya lagi, anda dapat mengenakan kostum disney bertema hallowen selama acara berlangsung.
 
Beli tiket Disneyland & Disneysea disini!

Akan ada parade “Spooky Boo!” yang ditampilkan setiap hari yang terdiri dari enam kendaraan bertema halloween. Parade ini dimulai dari Fantasyland dan berhenti di Plaza.

 

 
Selain parade, ada Haunted Mansion terkenal yang di adaptasi dari film The Burton’s Nighmare Before Chirstmas. Atraksi ini dapat anda nikmati mulai dari tanggal 14 September 2023 hingga 8 Januari 2024.

Berikut adalah 5 rekomendasi tempat perayaan Halloween di Jepang. Ingin mengikuti keseruan Halloween di Jepang? kunjungi website kami japantrips.id sekarang juga! atau hubungi call center kami (di sini)

Bingung mau liburan ke Jepang gimana caranya?

Konsultasikan bersama kami sekarang juga! (klik disini)

 
Back to blog