15 Destinasi Wisata Top yang Wajib Kamu Kunjungi di Nagano Jepang!

Nagano Jepang
Jepang merupakan negara yang sangat menarik untuk wisatawan kunjungi. Karena negara ini menawarkan berbagai pilihan untuk wisatawan nikmati mulai dari keunikan budayanya, festival-festival menarik yang ada, keindahan alam, hingga destinasi wisata lainnya yang menyimpan sejarah dan nilai unik yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Nagano merupakan salah satu prefektur yang masuk ke dalam jajaran ke-4 terbesar di Jepang. Nagano Jepang menawarkan keindahan alam, situs sejarah, kuliner khas, dan keunikan yang menarik lainnya sebagai destinasi wisata yang dapat wisatawan kunjungi. Jika kamu tertarik untuk berlibur ke Nagano Jepang, kamu harus menyimak 15 destinasi top yang akan kami rekomendasikan berikut!
 

Apa itu Nagano Prefecture?

Nagano Prefecture merupakan sebuah prefecture yang terkurung oleh daratan yang ada di Jepang, daerah ini terletak di wilayah Chūbu di Honshū. Nagano Prefecture adalah prefecture terbesar ke-4 yang ada di Jepang. Prefecture ini terdiri dari beberapa kota besar, yaitu Matsumoto, Ueda, Lida, dan Nagano sebagai ibu kotanya.
Nagano Jepang sebagai salah satu prefecture terbesar banyak menawarkan kawasan  dataran tinggi yang indah di Pegunungan Alpen, Pegunungan Kiso, dan Pegunungan Akaishi.

Selain keindahan alam, Nagano Prefecture juga menawarkan kekayaan sejarah yang telah membawa daerah ini diakui sebagai tujuan wisata olahraga musim dingin bahkan sampai tingkat kelas dunia. Hal ini terbukti karena pada tahun 1998, Nagano Prefecture telah menjadi tuan rumah untuk Olimpiade Musim Dingin.
 

Musim Wisata dan Cuaca di Nagano Jepang

Sebagai kawasan yang berada di pedalaman dan merupakan kawasan dengan titik terjauh dari laut, Nagano Jepang memiliki suhu yang relatif besar pada siang dan malam hari. Selain itu, cuaca yang daerah ini juga memiliki kelembaban cukup rendah di sepanjang tahunnya. 

Jika kamu ini berlibur ke Nagano Jepang, kami merekomendasikan untuk pergi pada saat musim gugur ataupun musim semi. Karena pada musim-musim tersebut, kawasan ini akan memiliki cuaca yang lebih dingin dibandingkan dengan musim-musim lainnya. 
 

15 Top  Rekomendasi Tempat Wisata Nagano Jepang!

Nagano Jepang banyak menawarkan destinasi wisata menarik bagi para wisatawan, mulai dari keindahan alam yang dimilikinya, nilai sejarah yang ada, sampai dengan kuliner-kuliner khas yang memanjakan lidah.

Dengan banyaknya tempat yang dapat dikunjungi di Nagano, tentunya kamu akan kebingungan untuk menentukan pilihan  tempat mana yang harus kamu kunjungi. Tapi jangan khawatir! Kami telah merangkumkan informasi dari 15 destinasi wisata terbaik yang ada di Nagano Jepang untuk kamu, yaitu sebagai berikut:
 

1. Pegunungan Alpen Jepang

Pegunungan Alpen Jepang

Biasanya, ketika membicarakan Pegunungan Alpen, orang-orang pasti akan berpikir tentang negara Swiss, ataupun negara-negara di Eropa lainnya. Tapi faktanya, negara Jepang pun memiliki keindahan dari destinasi Pegunungan Alpen ini loh! Tepatnya Pegunungan Alpen ini terletak di daerah Nagano Jepang.

Di Pegunungan Alpen Jepang ini kamu dapat menikmati keindahan alam dengan menaiki kereta gantung yang terletak di Komagatake Pegunungan Alpen Tengah di sisi timur. Kereta gantung ini dapat membawa kamu menikmati keindahan alam dari ketinggian hingga 2.600 meter keatas. Selain itu, kamu juga bisa melakukan petualangan alpen di Pegunungan Alpen Selatan. Disini, kamu dapat mengunjungi puncak-puncak di Taman Nasional Pegunungan Minami yang telah dinyatakan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfer.
 

2.  Danau Kizaki

Danau Kizaki

Danau Kizaki merupakan danau yang berada di Omachi, terletak di kaki Pegunungan Alpen Jepang bagian utara. Danau ini juga merupakan salah satu danau dari “Tiga Danau Nishina”. Banyak wisatawan yang mengatakan, bahwa destinasi wisata Danau Rizaki merupakan pilihan terbaik untuk bersantai dan menikmati pemandangan yang menenangkan.

Danau Kizaki dikenal dengan olahraga air dan atraksi-atraksi yang menakjubkan. Selain itu, danau ini juga banyak digunakan sebagai panggung untuk serial anime dalam beberapa tahun terakhir. Untuk kamu penggemar anime dan budaya jepang, tentunya danau ini wajib masuk dalam list tujuan wisatamu!
 

3. Resort Ski Shiga Kogen

Resort Ski Shiga Kogen

Resort Ski Shiga Kogen merupakan area yang memiliki lahan terbesar di Nagano Jepang untuk bermain ski. Wilayah ini memiliki 21 resort yang bergabung menjadi kesatuan untuk memanjakan pengunjung dalam menikmati bermain ski, menikmati dinginnya salju, serta menikmati keindahan alam yang memanjakan mata.

Di daerah Resort Ski Shiga Kogen juga terdapat danau-danau kecil yang menambah kesan indah dan estetik dari daerah ini. Di wilayah ini, kamu dapat melakukan berbagai macam aktivitas seperti bermain salju, ski, snowboarding, mendaki, dan lainnya. Resort Ski Shiga Kogen merupakan destinasi wisata dengan paket komplit yang memungkinkan wisatawan untuk menikmati banyak hal.
 

4. Kastil Komoro

Kastil Komoro

Kastil Komoro merupakan destinasi wisata berupa situs sejarah. Destinasi wisata satu ini menawarkan sisa sisa dari reruntuhan Kastil Komoro yang bagi banyak wisatawan dianggap sangat fotogenic dan cantik, terutama ketika dikunjungi saat musim semi dan musim gugur.

Disekitar kastil ini terdapat Taman Komori Shiroato Kaiko yang memiliki kebun binatang dan museum, serta terdapat juga banyak restoran Shinshuu Sobas. Kastil Komoro pernah dijadikan sebagai tempat syuting untuk film Tora-san. Selain itu, karena keindahannya saat musim semi, kastil ini telah menjadi pilihan populer bagi wisatawan untuk menikmati bunga sakura pada musim tersebut.
 

5. Karuizawa

Kairuzawa

Kairuzawa merupakan destinasi wisata di Nagano Jepang yang terletak di bagian tenggara. Destinasi wisata satu ini merupakan pilihan yang sangat tepat untuk pecinta pemandangan gunung, pencari ketenangan, dan pecinta sejarah yang memiliki rasa ingin tahu besar.

Kairuzawa menawarkan  banyak hal menarik bagi wisatawan, diantaranya adalah beragam aktivitas musiman, galeri seni, museum, dan bahkan atraksi lokal yang sangat menakjubkan. Kairuzawa ini juga telah dikenal sebagai kota seni dan budaya yang akan sangat cocok untuk dikunjungi oleh para seniman maupun penikmat seni.
 

6. Jigokudani Monkey Park

Jigokudani Monkey Park 

Daerah utara Nagano Jepang merupakan wilayah sangat unik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi pada wilayah ini adalah Jigokudani Monkey Park yang terletak di Yamanouchi. Jigokudani Monkey Park merupakan destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang ditinggali oleh sekelompok kera yang jumlahnya dapat menyentuh angka ratusan.

Tempat wisata ini telah didirikan sejak 1964 sebagai tempat bagi kera-kera Jepang di wilayah ini untuk dapat tetap berada di area tersebut. Kera-kera yang ada di daerah ini akan mengunjungi taman di sepanjang tahun. Dan hal yang menarik dapat kamu saksikan pada bulan Desember hingga Maret, karena waktu tersebut merupakan waktu terbaik untuk melihat kera-kera yang sedang berendam di pemandian air panas pada saat musim dingin.

7. Kastil Matsumoto

Kastil Matsumoto

Kastil Matsumoto merupakan kastil yang berada di kota Matsumoto yang termasuk dalam prefektur Nagano Jepang. Kastil ini banyak dikenal dengan sebutan “Crow Castle” atau “Kastil Gagak” karena desain dari dinding luarnya yang menyerupai gagak. Kastil Matsumoto ini merupakan ikon wisata utama yang dimiliki oleh kota Matsumoto.

Destinasi wisata satu ini menyuguhkan keindahan yang dimiliki bangunan kastil serta nilai sejarah Jepang untuk wisatawan yang ingin menikmati ataupun mempelajarinya. Kastil Matsumoto telah menjadi pilihan populer bagi para wisatawan dikarenakan harganya yang cukup ramah, yaitu 700 yen (sekitar Rp 75.000) untuk dewasa dan yen (sekitar 33.000)  untuk pelajar.
 

8. Azimuno

Azimuno 

Azimuno merupakan salah satu kota di kawasan Nagano Jepang yang memiliki beragam jenis destinasi wisata yang sangat menarik untuk wisatawan kunjungi. Beberapa destinasi wisata yang terdapat di kota Azimuno ini adalah Kastil Azimuno, Kolam Taisho, Kappa Bashi, Museum Seni, Dataran Tinggi Norikura, Kuil Yohashira, dan Kaichi Gakko.

Kota kecil Azimuno ini sangat cocok untuk dipilih sebagai destinasi wisata liburan keluarga. Azimuno menyediakan paket lengkap wisata yang dapat kamu nikmati seluruhnya dalam  beberapa hari. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah, sejarah dan kebudayaan jepang, kuliner khas setempat, pasar tempat berbelanja yang masih tradisional, dan bahkan tempat beribadah yang memiliki pemandangan yang menakjubkan.

9. Kuil Zenkouji

Kuil Zenkouji 

Kuil Zenkouji yang berada di kawasan prefektur Nagano Jepang ini merupakan salah satu kuil Buddha yang memiliki sejarah sepanjang 1400 tahun lamanya. Kuil ini juga merupakan kuil yang menjadi tempat penerima patung Buddha pertama. Kuil Zenkouji saat ini mulai populer untuk dijadikan sebagai pilihan tempat wisata untuk dikunjungi karena tempat ini menawarkan berbagai kegiatan yang menarik minat wisatawan.

Saat mengunjungi Kuil Zenkouji, tentunya kamu bukan hanya dapat menikmati keindahan yang ada dalam kuil, tapi kamu juga dapat mengunjungi tempat lain disekitarnya. Tempat-tempat wisata menarik yang terdapat disekitar Kuil Zenkouji ini diantaranya adalah Cobblestones of Zenkouji yang merupakan batu-batuan koral indah, Zenko-ji Temple Sammon Gate yang menawarkaan pemandangan arsitektur dan juga seni, serta Shinshu Zenkoji Homo Daikanjin Temple yang merupakan tempat beribadah terdekat.

10. Kamikouchi

Kamikouchi 

Kamikouchi merupakan dataran tinggi dari pegunungan terpencil Hilda yang ada di wilayah barat Nagano Jepang. Tempat ini populer di kalangan wisatawan pecinta alam. Selain menawarkan pemandangan yang sangat indah, Kamikouchi juga menawarkan beberapa atraksi yang sudah mulai banyak dikenal, diantaranya adalah Jembatan Kappa, Kolam Taisho, Kolam Tashiro, dan Kolam Myojin.

11. Kastil Ueda

Kastil Ueda 

Kastil Ueda merupakan salah satu dari 100 kastil terbaik yang ada di Jepang. Kastil ini telah dibangun sejak abad ke-16 oleh Sanada Masayuki. Kastil yang terletak di kota Ueda Nagano Jepang ini menawarkan pada para pengunjungnya untuk dapat lebih mengenali tentang kesejarahan samurai. Kastil Ueda merupakan destinasi wisata yang sangat tepat untuk kamu yang menyukai atau ingin mengenali serta mempelajari sejarah Jepang sambil dengan berwisata.

12. Lembah Kiso

Lembah Kiso 

Lembah Kiso merupakan lembah sungai yang terbentuk dari Sungai Kiso. Lembah ini merupakan tempat yang sangat populer untuk melakukan perjalanan tramping karena rute yang ditawarkan menyuguhkan keindahan alam yang memanjakan mata dan memungkinkan wisatawan untuk turut merasakan kehidupan pedesaan dari orang Jepang.

Selain daripada itu, terdapat beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi ketika berwisata ke Lembah Kiso ini, yatiu Kisoji yang merupakan sebuah kastil, Kampo-kampo yang merupakan sebuah desa yang menawarkan kegiatan wisata menarik, Jalan Kurokawa yang menawarkan pemandangan sejara kehidupan dari wilayah tersebut, serta tempat-tempat persinggahan seperti Kawah Hoshino, Kawah Kokonoe, dan Kawah Kiso.

13. Hakuba

Hakuba 

Hakuba merupakan tempat ski populer yang ada di kawasan Nagano Jepang. Tepatnya tempat ini terletak di Desa hakuba. Terdapat beberapa resort ski utama di daerah ini, yaitu Hakuba Cortina Resort, Hakuba 47, Resort Ski Hapone, dan Resort Ski Goryu. Destinasi wisata ini menawarkan berbagai macam kegiatan wisata selain ski, salah satunya adalah menikmati keindahan di desa “Kuda Putih”.

14. Kuil Shinto Suwa

Kuil Shinto Suwa Taisha 

Kuil Shinto Suwa Taisha secara historis memiliki nama lain yang biasa dikenal dengan “Kuil Suwa” atau “Suwa Daimyojin”. Kuil ini merupakan sekelompok kuil-kuil Shinto yang terdapat di kawasan Nagano Jepang. Kuil Shinto Suwa Taisha memiliki sejarah yang kaya, pemandangan arsitektur yang menakjubkan, serta suasana religius yang dapat wisatawan nikmati saat berkunjung ke kuil ini.

15. Suwa Lake Geyser

Suwa Lake Geyser

Suwa Lake Geyser adalah geyser yang terdapat di Nakagano Jepang dan merupakan salah satu geyser tertinggi di dunia. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan pegunungan yang menjulang tinggi dan danau-danau yang ada disekitar. Geyser yang menyemburkan udara setiap interval tertentu dari Suwa Lake Geyser dapat menciptakan pemandangan yang menakjubkan untuk disaksikan pengunjung.

Ketika berkunjung ke Suwa Lake Geyser ini, kamu juga dapat melakukan kegiatan wisata lain ke tempat wisata sekitar terdekat, seperti Danau Suwa, berjalan mengelilingi area taman, ataupun berkunjung ke museum.

Tips Cara Pergi ke Nagano dari Tokyo

Terdapat beberapa tips untuk kamu ketikan akan pergi ke Nagano dari Tokyo, ataupun dari Nagano ke Tokyo. Untuk menaiki angkutan umum kamu dapat menaiki kereta atau bus. Kereta merupakan pilihan ternyaman untuk pergi ke Nagano dan hanya akan memakan waktu 1,5 - 2 jam dengan biaya 8.000 - 9.000 yen (sekitar Rp 850.000 - Rp 950.000) per orangnya. Sedangkan ketika menaiki bus kamu akan melakukan perjalanan dengan estimasi waktu 3 - 4 jam dan biaya 3.000 -  4.0000 (sekitar Rp 350.000 - Rp 450.000) per orang.

Untuk kamu yang ingin lebih hemat dalam pengeluaran untuk akomodasi selama berlibur ke wilayah Prefektur Nagano Jepang yang sangat luas ini, kamu dapat melakukan pembelian JR East Pass Nagano-Niigata Area dengan harga Rp 2.799.000 untuk dewasa dan Rp 1.399.000 untuk anak yang dapat kamu gunakan dalam jangka waktu 5 hari perjalanan kamu. Hal ini tentunya akan sangat menghemat setengah dari budget kamu dibandingkan saat menggunakan tiket reguler.

Selain daripada itu, kamu juga tentunya dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi dengan estimasi lama waktu perjalanan adalah 3 - 4 jam, hal ini akan sangat tergantung pada kondisi jalanan saat kamu pergi. Jika ingin lebih cepat, tentunya kamu dapat menaiki pesawat dari Tokyo ke Bandara Nagano, akan tetapi hal ini sangat tidak praktis karena Bandara Nagano berada jauh dari pusat kota.
 

Back to blog