One Way Shinkansen - Menikmati Keindahan Negeri Sakura dengan Shinkansen

Tentang Shinkansen

Kereta Shinkansen

Shinkansen, juga dikenal sebagai kereta peluru, adalah kereta api berkecepatan tinggi yang beroperasi terutama di Jepang. Kereta ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1964, dan telah menjadi salah satu sarana transportasi yang paling populer di Jepang.


Perbedaan Tiket Shinkansen dan JR Pass

Tiket One way Shinkansen dan JR Pass adalah dua jenis tiket/pass kereta api yang dapat digunakan untuk naik Shinkansen. Tiket one way Shinkansen adalah tiket yang hanya berlaku untuk sekali perjalanan, sedangkan JR pass bisa digunakan untuk perjalanan tanpa batas sesuai area pass yang berlaku dan dapat digunakan dalam masa aktif pass tersebut. contoh: JR pass nationwide 7 hari dapat digunakan selama 7 hari untuk perjalanan tak terbatas yang dapat digunakan diseluruh area jepang.

Tiket One way Shinkansen bisa menjadi alternatif dari JR Pass setelah JR Pass mengalami kenaikan harga 31 Oktober 2023. Cek juga mengenai JR Pass.


Area yang dilayani One Way Shinkansen dan Tempat Yang Bisa Dikunjungi

Shinkansen melayani berbagai area di Jepang, mulai dari Hokkaido atau Jepang bagian Utara sampai dengan Kyushu yaitu Jepang bagian Selatan. Shinkansen ini juga mencakup area untuk perjalanan populer seperti Tokyo, Kyoto, Osaka, Nagoya dan Fukuoka.


Tokyo

Tokyo

Tokyo adalah ibu kota Jepang dan merupakan kota metropolitan terbesar di negara ini. Shinkansen menghubungkan Tokyo dengan berbagai kota di Jepang, termasuk Osaka, Kyoto, Nagoya, dan Fukuoka.

Kuil Sensoji

Tokyo merupakan kota metropolitan yang menawarkan berbagai atraksi wisata, seperti kuil-kuil seperti kuil Sensoji, Meiji Shrine, Zojoji Temple. Hie Shrine, Gotokuji Temple. adapun museum yang bisa dikunjungi seperti Museum Nasional Tokyo, Ghibli Museum, Museum Seni Mori, dan taman-taman.
 
Disneyland Tokyo

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Disneyland Tokyo. Tokyo Disneyland dan DisneySea adalah taman Disney yang sangat populer di kalangan penggemar Disney di seluruh dunia. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa taman ini lebih bagus daripada taman Disney lainnya. Taman ini menawarkan berbagai atraksi dan pengalaman yang hanya bisa ditemukan di Jepang. Selain itu, taman ini juga memiliki lokasi yang strategis, sehingga mudah dijangkau dari pusat kota Tokyo. Oleh karena itu, Tokyo Disneyland dan DisneySea adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di Tokyo. Untuk Tiket masuknya kamu bisa cek disini.

Kamu bisa ke Shibuya Sky, Tokyo Teamlab, dan masih banyak tempat lain di tokyo yang bisa kamu kunjungi. Cek disini.


Nagoya


Nagoya

Nagoya adalah kota industri terbesar di Jepang. Shinkansen menghubungkan Nagoya dengan Tokyo, Osaka, Kyoto, dan Fukuoka.

Nagoya Castle

Nagoya adalah kota industri yang memiliki banyak museum dan galeri seni. Selain itu, Nagoya juga memiliki beberapa atraksi wisata, seperti Nagoya Castle dan Toyota Commemorative Museum of Industry and Technology.


Kyoto

Kyoto adalah kota kuno Jepang yang terkenal dengan kuil-kuil dan taman-tamannya. Shinkansen menghubungkan Kyoto dengan Tokyo, Osaka, Nagoya, dan Fukuoka.

 
Kiyomizu-dera

Kyoto terkenal dengan kuil-kuil dan taman-tamannya. Beberapa kuil dan taman yang terkenal di Kyoto antara lain Kiyomizu-dera, Fushimi Inari-taisha, dan Arashiyama Bamboo Forest.
 
Fushimi Inari Taisha

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Kyoto adalah mengikuti Nara Tour. kamu bisa mengunjungi Kinkakuji, Arashiyama, Kuil Fushimi Inari Taisha, dan taman nara. Kalau kamu ingin mendapatkan pengalaman tour di Kyoto Kamu bisa cek produknya disini.


Osaka

Osaka

Osaka adalah kota terbesar kedua di Jepang dan merupakan pusat komersial dan budaya di negara ini. Shinkansen menghubungkan Osaka dengan Tokyo, Kyoto, Nagoya, dan Fukuoka.

Dotonbori

Osaka adalah kota yang terkenal dengan kulinernya yang lezat. Selain itu, Osaka juga memiliki banyak atraksi wisata, seperti Dotonbori, Universal Studios Japan, dan Osaka Castle.
 
Universal Studio Japan

Universal Studios Jepang adalah taman hiburan yang keren banget, dengan delapan area berbeda yang menawarkan berbagai wahana, pertunjukan, dan karakter untuk dinikmati semua orang.

Kamui bisa merasakan sensasi berada di set film favorit Anda, seperti The Wizarding World of Harry Potter, Minion Park, dan Jurassic Park. Selain itu, kamu juga bisa berfoto dengan karakter populer seperti Snoopy, Hello Kitty, dan Elmo. Ada juga berbagai pertunjukan yang diadakan setiap hari, termasuk parade malam yang spektakuler.

Universal Studios Jepang adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan hari yang menyenangkan dan penuh kenangan. Untuk membeli tiket Universal Studio, kamu bisa cek produknya disini.


Fukuoka

Fukuoka

Fukuoka adalah kota terbesar di Pulau Kyushu. Shinkansen menghubungkan Fukuoka dengan Tokyo, Osaka, Kyoto, dan Nagoya. Fukuoka Tower adalah bangunan tertinggi di Fukuoka dan menara tepi laut tertinggi di Jepang. Mendominasi cakrawala di tepi barat pesisir Fukuoka, bangunan ini adalah salah satu yang paling populer di kota ini. Untuk membeli tiket Fukuoka Tower, kamu bisa cek produknya disini
 
Fukuoka Castle
Fukuoka adalah kota yang terkenal dengan kulinernya yang lezat. Selain itu, Fukuoka juga memiliki beberapa atraksi wisata, seperti Fukuoka Castle dan Canal City Hakata.


Rute Perjalanan Tokyo - Osaka - Kyoto menggunakan Shinkansen

 
Rute Perjalanan Tokyo - Osaka - Kyoto menggunakan Shinkansen

Saat ini, Japantrips.id melayani pemesanan tiket kereta Shinkansen untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan dari Tokyo - Osaka, Tokyo - Kyoto dan sebaliknya. Kalau kamu ingin berkunjung ke beberapa kota di jepang kamu bisa cek produknya disini.


Apa itu Reserved dan Non Reserved Seat

Gerbong Shinkansen tersedia dalam dua jenis kursi, yaitu reserved seat dan non-reserved seat. Reserved seat adalah kursi yang sudah direservasi sebelumnya, sedangkan non-reserved seat adalah kursi yang tidak perlu direservasi sebelum menaiki kereta.

Untuk perjalanan jarak jauh, seperti dari Tokyo ke Osaka, sebaiknya memesan reserved seat terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari kehabisan kursi, terutama pada akhir pekan dan musim liburan. 

Selain itu ada 3 Tipe kursi yang ada di Shinkansen yaitu Tipe Ordinary, Green dan Gran. tipe Ordinary adalah tipe kelas Business, tipe Green adalah kelas Eksekutif dan Tipe Gran adalah First Class/VIP.

Kamu bisa datang ke Stasiun dan mendatangi JR Office untuk reservasi tempat duduk dan gerbongnya. reservasi ini disarankan untuk kamu yang pergi bersama teman, keluarga atau pasangan agar kamu bisa duduk berbarengan agar tidak terpisah. selain itu, jika kamu sebelumnya membeli tiket dengan Tipe Green secara online tetapi kamu tidak melakukan reservasi sebelumnya, bisa jadi kamu akan dipindah ke gerbong ordinary karena kamu tidak kebagian tempat duduk atau kamu harus menunggu keberangkatan kereta berikutnya.

Jadi, untuk reservasi, disarankan untuk datang 1 jam sebelum jadwal keretamu atau melakukan reservasi jauh sebelum jadwal keberangkatan keretamu. ini bertujuan agar kamu tidak kehabisan tempat duduk dan bisa mendapatkan kursi yang kamu inginkan. dan kamu juga bisa mengamankan kursimu dengan reservasi kursi 1 bulan sebelum perjalanan.

 


Cara Pemesanan dan Pemakaian Tiket Shinkansen

Terdapat 3 Shinkansen yang bisa digunakan jika kamu ingin ke Osaka dari Tokyo yaitu kereta Nozomi, Hikari dan Kodama.

Tiket Shinkansen / Kereta Cepat Jepang


Informasi:

  1. Kamu bisa memesan tiket kereta api Jepang maksimal 30 hari sebelum keberangkatan. Jika ingin pesan lebih awal, hubungi admin.
  2. Jika kamu membawa koper besar (berukuran total 160-250 cm), kamu harus infokan ke admin. Karena Koper yang lebih besar dari 250 cm tidak bisa dibawa ke kereta. Ukuran koper bisa dihitung dengan menambahkan ukuran panjang, lebar dan tinggi (P+L+T)
  3.  Harga dan jadwal kereta bisa berubah sewaktu-waktu.
  4. QR Code tiket akan dikirim via email.
  5. Untuk ambil tiket fisik, kamu bisa pergi ke stasiun kereta keberangkatan dan scan QR Code di mesin tiket JR.


Ketentuan Tiket Shinkansen

  • Anak 6-11 tahun: Anak yang berusia 6-11 tahun dikenakan tarif setengah dari tarif dewasa.
  • Dewasa 12 keatas: Orang yang berusia 12 tahun keatas dikenakan tarif penuh.
  • Dibawah 6 free: Anak yang berusia di bawah 6 tahun tidak dikenakan tarif.


Ketentuan Naik Shinkansen:

  • Visa: Kamu hanya bisa menggunakan visa kunjungan (temporary visitor), bukan visa tinggal, bekerja, atau pendidikan.
  • Koper: Koper yang dibawa maksimal berukuran 160 cm (panjang + lebar + tinggi).
  • Koper besar: Koper yang berukuran 160-250 cm wajib reservasi kursi khusus untuk koper besar.
  • Koper sangat besar: Koper yang berukuran lebih dari 250 cm tidak bisa dibawa di Shinkansen.
  • Anak di bawah 6 tahun: Harus dipeluk atau digendong. Jika tidak mau dipeluk atau digendong, bisa dibeli tiket.
 

Keberangkatan Shinkansen dengan menggunakan QR Code

Kamu hanya dapat menggunakan gerbang tiket Shinkansen yang memiliki tanda "QR" seperti di bawah.

 

QR Gerbang Shinkansen
 

cara masuk Shinkansen menggunakan QR Code

 
cara masuk Shinkansen menggunakan QR Code

Pegang QR-Ticket hingga ke pemindai gerbang tiket. Cukup arahkan QR-Ticket Anda ke gerbang tiket Shinkansen. Harap diperhatikan bahwa Anda juga memerlukan Tiket QR saat keluar. 
Contoh QR Code Tiket Shinkansen

Untuk pemesanan tiket Shinkansen, kamu bisa klik link produk.

photo by: Explore, Hellowork, The times, Get Your Guide, Fun! Japan, Globetrotting with Goway, Rome2Rio, idntimes, Yukke.id, Travel Japan, Nagoyajo.city, Fukuoka No, Travel Japan, Just One Cookbook, SmartEX.JP