Inilah Berbagai Tempat Wisata di Jepang yang Termasuk ke Dalam Situs Warisan Dunia UNESCO

Situs Warisan Dunia merupakan sebuah gelar atau penghargaan yang diberikan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) kepada berbagai lokasi di seluruh dunia yang memiliki nilai budaya dan alam yang luar biasa serta dianggap dapat menjadi sebuah warisan bagi generasi berikutnya.

Dari ribuan lokasi yang tersebar di seluruh penjuru dunia tersebut, negara Jepang tercatat memiliki 25 tempat wisata yang termasuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO per tahun 2024 ini. Tentunya, tempat-tempat wisata tersebut juga merupakan tempat yang menjadi tujuan favorit para wisatawan.

Berikut ini Japantrips berikan daftar lengkap berbagai tempat wisata di Jepang yang termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

1. Tambang Perak Iwami Ginzan

Tambang yang terletak di Kota Oda, Prefektur Shimane ini beroperasi pada abad ke-16 hingga abad ke-17. Ketika itu, Tambang Perak Iwami Ginzan sangatlah berpengaruh terhadap perekonomian Jepang serta negara-negara di Asia Tenggara karena produksi massal emas dan peraknya.

Tambang Perak Iwami Ginzan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2007.

2. Kuil Shinto Itsukushima

Foto sebuah Gerbang Torii berwarna merah dan berukuran besar yang terletak di tengah danau mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Gerbang Torii yang terletak di Kota Hatsukaichi, Prefektur Miyajima tersebut merupakan bagian dari Kuil Shinto Itsukushima, yakni sebuah kuil yang diyakini sudah ada sejak abad ke-6.

Kuil Shinto Itsukushima ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996.

3. Gunung Fuji

Gunung Fuji adalah simbol negara Jepang yang tidak perlu diragukan lagi. Gunung yang berada di antara Prefektur Shizuoka dan Prefektur Yamanashi ini selalu menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang datang ke Jepang. Meskipun tidak selalu mendakinya, banyak dari wisatawan tersebut datang untuk menikmati dan mengabadikan keindahannya dari kejauhan.

Gunung Fuji ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2013.

4. National Museum of Western Art

Bangunan utama di National Museum of Western Art, Ueno, Tokyo ini merupakan satu dari 17 karya arsitek terkenal Le Corbusier (1887-1965) yang tersebar di berbagai negara. Pada tahun 2016, UNESCO mendaftarkan 17 karya Le Corbusier tersebut sebagai Situs Warisan Dunia, termasuk bangunan National Museum of Western Art yang dibangun pada tahun 1959 ini.

5. Yakushima

Pulau Yakushima yang berada di Prefektur Kagoshima ini terkenal akan koleksi pohon cedarnya yang luar biasa. Bahkan pohon cedar tertua yang juga merupakan daya tarik utama di pulau ini, Jomon Sugi, disebut-sebut sudah berusia sekitar 2000-7200 tahun.

Yakushima ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1993.

6. Monumen Bersejarah Nara Kuno

Tempat-tempat bersejarah di Prefektur Nara yang termasuk ke dalam daftar Monumen Bersejarah Nara Kuno ini termasuk sebuah situs arkeologi (Istana Heijo), lima kuil Buddha (Todai-ji, Kofuku-ji, Yakushi-ji, Gango-ji dan Toshodai-ji), sebuah kuil shinto (Kasuga-Taisha), dan sebuah area alam terbuka (Hutan Purba Gunung Kasuga).

Monumen Bersejarah Nara Kuno ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1998.

7. Kuil Nikko

Salah satu kuil paling terkenal yang ada di Kota Nikko, Prefektur Tochigi, yang bernama Kuil Toshogu merupakan sebuah kuil yang terdiri lebih dari 100 bangunan suci. Selain itu, di sini juga terdapat makam dari pendiri sekaligus shōgun pertama Keshogunan Tokugawa Jepang, Tokugawa Ieyasu.

Berbagai kuil suci di Nikko ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1999.

8. Shirakawa-go dan Gokayama

Daya tarik utama yang ada di wilayah ini adalah rumah-rumahnya yang berupa rumah petani tradisional dengan atap jerami yang tebal dan miring, biasa disebut Gassho Zukuri. Keberadaan rumah-rumah ini diyakini sudah berusia ratusan tahun.

Wilayah Shirakawa-go dan Gokayama ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1995.

9. Kepulauan Ogasawara

Kepulauan Ogasawara ini mencakup lebih dari 30 pulau yang dikelompokkan dalam tiga kelompok pulau; Mukojima, Chichijima and Hahajima dengan hanya dua dari tiga pulau tersebut yang dihuni oleh manusia, yakni Chichijima and Hahajima.

Kepulauan Ogasawara ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2011.

10. Mozu-Furuichi Kofun

Mozu-Furuichi Kofun adalah kumpulan makam di selatan kota Osaka yang terdiri dari 49 gundukan makam yang dibangun pada masa Kofun untuk para bangsawan. Yang paling mengesankan adalah makam Kaisar Nintoku; gundukan makam terbesar di Jepang dan salah satu yang terbesar di dunia.

Mozu-Furuichi Kofun ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2019.

11. Pabrik Sutra Tomioka

Pabrik Sutra Tomioka adalah pabrik sutra bersejarah yang didirikan pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 di Prefektur Gunma. Pabrik ini dipelihara dengan baik sejak ditutup pada tahun 1980-an dan beberapa bangunan utamanya kini dibuka untuk wisata.

Pabrik Sutra Tomioka ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2014.

12. Shiretoko

Semenanjung Shiretoko yang berada di ujung timur laut Hokkaido ini terkenal akan spesies tanaman dan satwa liarnya yang beragam dan melimpah. Karena hal tersebut, Semenanjung Shiretoko ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005.

13. Monumen Bersejarah Kyoto Kuno

Sebagai bekas ibu kota Jepang selama lebih dari 1000 tahun (794-1869), Kyoto tentunya memiliki banyak sekali bangunan bersejarah. Monumen Bersejarah Kyoto Kuno terdiri dari 17 bangunan yang terletak di Kota Kyoto dan Uji di Prefektur Kyoto, serta Kota Otsu di Prefektur Shiga. 17 bangunan tersebut merupakan bangunan keagamaan, kecuali Kastil Nijo.

Monumen Bersejarah Kyoto Kuno ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1994.

14. Kastil Himeji

Kastil yang disebut sebagai kastil terbesar, termegah, dan paling spektakuler di Jepang ini adalah satu dari sebagian kecil kastil Jepang yang tidak pernah hancur dalam perang ataupun bencana alam. Karena hal tersebut, Kastil Himeji pun masuk ke dalam daftar 12 kastil “asli” Jepang.

Kastil Himeji ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1993.

15. Monumen Buddha di Area Horyu-ji

Diketahui, ada sekitar 48 monumen Buddha di kawasan Horyu-ji, Prefektur Nara. Beberapa di antaranya berasal dari akhir abad ke-7 atau awal abad ke-8, menjadikannya salah satu bangunan kayu tertua yang masih ada di dunia.

Monumen Buddha di Area Horyu-ji ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1993.

16. Situs Revolusi Industri Meiji

Jepang adalah negara Asia pertama yang mengupayakan transfer teknologi dari Eropa dan Amerika sejak pertengahan abad ke-19 atau menjelang akhir periode Edo. Situs Revolusi Industri Meiji tersebut juga termasuk Pulau Hashima yang telah lama ditinggalkan.

Situs Revolusi Industri Meiji ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2015.

17. Situs Kristiani Tersembunyi di Nagasaki

Situs Kristiani Tersembunyi di Nagasaki ini terdiri atas 12 situs; 10 desa serta sisa-sisa Kastil Hara dan Katedral Oura yang berasal dari abad ke-17 hingga abad ke-19. Keberadaan situs ini merupakan bukti era pelarangan agama Kristen pada zaman Edo hingga sekitar tahun 1873.

Situs Kristiani Tersembunyi di Nagasaki ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2018.

18. Pulau Okinoshima dan Kuil Munakata

Hingga saat ini, Pulau Okinoshima di lepas pantai barat laut Kyushu dianggap sangat suci sehingga wisatawan dilarang keras untuk datang. Hanya pendeta yang merawat Kuil Munakata di pulau itu yang diperbolehkan untuk datang. Kuil Munakata sendiri adalah kuil yang terdiri dari tiga tempat ibadah berbeda; Okitsu-miya, Nakatsu-miya, dan Hetsu-miya.

Pulau Okinoshima dan Kuil Munakata ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2017.

19. Kubah Bom Atom Hiroshima (Genbaku Dome)

Kubah Bom Atom Hiroshima (Genbaku Dome) adalah satu-satunya bangunan yang masih berdiri di area tempat bom atom pertama meledak pada 6 Agustus 1945. Di area ini juga terdapat Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima yang dibuat untuk menghormati Kota Hiroshima dan lebih dari 140.000 korban yang gugur akibat bom atom.

Kubah Bom Atom Hiroshima (Genbaku Dome) ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996.

20. Rute Ziarah Kumano Kodo

Terletak di hutan lebat Pegunungan Kii di semenanjung paling selatan daratan Jepang, tiga situs suci; Yoshino dan Omine, Kumano Sanzan (Kuil Shinto Kumano Hongu, Kuil Kumano Hayatama, dan Kuil Kumano Nachi), serta Gunung Koya dihubungkan oleh rute ziarah ke bekas ibu kota Jepang; Nara dan Kyoto. Jalur inilah yang disebut Rute Ziarah Kumano Kodo.

Rute Ziarah Kumano Kodo ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2004.

21. Situs Kerajaan Ryukyu

Sebelum pendudukan Jepang pada tahun 1609, Okinawa adalah negara yang berdiri sendiri yang dikenal sebagai Kerajaan Ryukyu. Situs ini termasuk reruntuhan arkeologi dari dua monumen batu, lima kastil, dan dua lanskap budaya. Reruntuhan-reruntuhan tersebut tersebar di Pulau Okinawa.

Situs Kerajaan Ryukyu ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2000.

22. Hiraizumi

Hiraizumi adalah rumah bagi lima kuil dan taman yang dianggap sebagai manifestasi fisik dari tanah tenang yang ingin dicapai umat Buddha setelah kematian dalam Buddhisme Tanah Suci. Beberapa situs yang ada di sini, antara lain adalah Kuil Chuson-ji, Kuil Motsu-ji, Gunung Kinkeizan, Reruntuhan Muryoko-in, dan Reruntuhan Kanjizaio-in.

Hiraizumi ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2011.

23. Shirakami-Sanchi

Pegunungan yang luas ini membentang di sepanjang perbatasan antara prefektur Akita dan Aomori. Beragam jalur pendakian dengan berbagai tingkat kesulitan akan membawa wisatawan melewati hutan, mengelilingi danau, dan melewati air terjun.

Shirakami-Sanchi ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya UNESCO pada tahun 1993.

24. Pulau Amami-Oshima, Pulau Tokunoshima, Pulau Okinawa bagian utara, dan Pulau Iriomote

Pulau Amami-Oshima, Pulau Tokunoshima, Pulau Okinawa bagian utara, dan Pulau Iriomote adalah salah satu lokasi terbaru yang ditambahkan ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO yang ada di Jepang. Pulau-pulau ini ditetapkan pada tahun 2021.

Situs ini sama sekali tidak dihuni oleh manusia. Situs ini memiliki nilai keanekaragaman hayati yang tinggi dengan persentase spesies endemik yang juga sangat tinggi, banyak di antaranya terancam punah secara global.

25. Situs Prasejarah Jomon

Situs Prasejarah Jomon yang terletak di bagian utara Jepang ini merupakan situs yang paling baru dan paling terakhir ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2021. Situs ini terdiri dari 17 situs arkeologi yang menjadi bukti cara hidup pra-pertanian dan budaya spiritual kompleks masyarakat prasejarah.